DLH laksanakan konsultasi publik I PKLHS untuk RPJPD Parimo 2025-2045

waktu baca 2 menit
DLH laksanakan konsultasi publik I PKLHS untuk RPJPD Parimo 2025-2045Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan Konsultasi Publik I dalam Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (PKLHS) untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2025-2045 mendatang, di Aula salah satu Hotel ternama dalam Kota Parigi, belum lama ini.

DLH laksanakan konsultasi publik I PKLHS untuk RPJPD Parimo 2025-2045

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan Konsultasi Publik I dalam Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (PKLHS) untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2025-2045 mendatang, di Aula salah satu Hotel ternama dalam Kota Parigi, belum lama ini.

Pj Bupati Parimo, Richard Arnaldo, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Konsultasi Publik I PKLHS untuk RPJPD Parimo 2025-2045 memiliki tujuan penting dalam mempersiapkan rencana pembangunan yang berkelanjutan, dengan mempertimbangkan dampak lingkungan yang mungkin timbul selama dan setelah pelaksanaan program pembangunan.

“Tujuan dan objek penyelenggaraan Kajian Lingkungan Hidup Strategis untuk menginterpretasikan pertimbangan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan, melalui penyusunan kebijakan dan rencana program akan datang,” katanya.

Sementara itu, Kepala DLH Parigi Moutong, Siti Maryam Tagunu menjelaskan, kegiatan penyusunan KLHS mencakup pengkajian pembangunan berkelanjutan, identifikasi, dan pengumpulan data dukungan untuk KLHS, serta analisis data capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Daerah.

Oleh sebab itu, penyusunan KLHS tersebut melibatkan tiga komponen utama, yaitu Kelompok Kerja, Tim Tenaga, dan Pemangku Kepentingan. Kelompok Kerja terdiri dari Pejabat atau Staf Perangkat Daerah, Pemerhati Lingkungan, dan unsur lainnya.

Untuk, Tim Tenaga akan bertindak sebagai ahli atau pakar KLHS yang akan membimbing tahapan per tahapan kegiatan dan melakukan analisis sesuai kebutuhan penyelesaian. Terakhir, Pemangku Kepentingan melibatkan unsur Pimpinan Perangkat Daerah yang terkait, elemen Masyarakat, Wartawan atau Pers, serta pihak lainnya.

“Dengan Konsultasi Publik I Penyususnan KLHS ini, kami harapkan dapat melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dalam pembangunan berkelanjutan Kabupaten Parigi Moutong. Sehingga, rencana pembangunan yang disusun akan memperhatikan aspek lingkungan hidup dan mendukung visi pembangunan yang berkelanjutan hingga tahun 2045,” harapnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *