Verifikasi Akun YouTube Terbilang Sangat Mudah dan Penting

waktu baca 5 menit
Verifikasi Akun YouTube Terbilang Sangat Mudah dan PentingKetika kamu pertama kali membuat channel di YouTube, kamu mungkin bisa langsung mengunggah video hasil kreasi pribadi. Namun, ada beberapa batasan yang perlu diingat. Misalnya, ketika belum melakukan verifikasi akun, ada beberapa fitur yang terbatas.

Verifikasi Akun YouTube Terbilang Sangat Mudah dan Penting

Ketika kamu pertama kali membuat channel di YouTube, kamu mungkin bisa langsung mengunggah video hasil kreasi pribadi. Namun, ada beberapa batasan yang perlu diingat. Misalnya, ketika belum melakukan verifikasi akun, ada beberapa fitur yang terbatas.

Apalagi, kamu tidak dapat mengunggah video dengan durasi di atas 15 menit atau menyematkan thumbnail kustom. Namun, untungnya proses verifikasi akun YouTube terbilang sangat mudah, dan kami akan memberitahu kamu bagaimana caranya.

Kamu dapat melakukannya melalui laptop, PC, atau ponsel kesayanganmu. Satu-satunya syarat yang perlu kamu penuhi adalah memiliki nomor ponsel pribadi yang belum pernah didaftarkan ke Google dalam setahun terakhir ini.

Cara Verifikasi Akun YouTube via Komputer

  • Langkah pertama adalah mengakses halaman utama YouTube di https://youtube.com dan pastikan kamu sudah login.
  • Klik ikon gambar profil kamu di pojok kanan atas dan pilih “YouTube Studio.” Dari YouTube Studio, pilih “Setting” (Setelan) di tab sebelah kiri.
  • Pilih “Feature Eligibility” (Kelayakan Fitur) untuk mengaktifkan fitur “Intermediate Features” (Fitur Menengah).
  • Untuk mengaktifkan “Intermediate Features,” kamu harus memverifikasi nomor telepon. Klik “Verify Phone Number” (Verifikasi Nomor Telepon) untuk memulai proses verifikasi.
  • Pilih metode verifikasi melalui SMS atau telepon, lalu masukkan nomor ponsel kamu. Dapatkan kode verifikasi dan masukkan ke kolom yang tersedia.
  • Jika semuanya berjalan lancar, akun YouTube kamu akan terverifikasi.
  • Catatan: Sebaiknya jangan menggunakan nomor ponselmu untuk percobaan karena batas pendaftaran adalah dua kali per tahun.

Cara Verifikasi Akun YouTube di HP

  • Verifikasi akun YouTube via ponsel harus dilakukan melalui browser seperti Google Chrome, bukan melalui aplikasi YouTube atau YouTube Studio.
  • Buka Google Chrome atau browser serupa di ponselmu, lalu centang opsi “Situs Desktop.” Kemudian, akses Youtube.com melalui browser tersebut dan ikuti langkah-langkah yang sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Meskipun verifikasi akun YouTube melalui ponsel agak lebih sulit karena tampilannya yang lebih kecil, ini tetap merupakan alternatif yang baik jika kamu tidak memiliki akses ke komputer.

Cara Verifikasi Akun YouTube Fitur Lanjutan:

Untuk fitur lanjutan, syaratnya tergantung pada kebutuhanmu. Jika kamu hanya ingin mengunggah video, mengedit thumbnail, dan sesekali melakukan live streaming, verifikasi menengah sudah cukup. Namun, jika kebutuhanmu bertambah, seperti live streaming setiap hari, mengunggah banyak video, mengunggah video pendek dalam jumlah besar, dan fitur-fitur lainnya, maka verifikasi lanjutan diperlukan.

Untuk verifikasi lanjutan, kamu harus mempersiapkan foto KTP dan akun YouTube yang telah terverifikasi dalam fitur menengah setidaknya selama dua bulan. Setelah syarat terpenuhi, ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan untuk mengaktifkan fitur lanjutan.

Biasanya, proses verifikasi fitur lanjutan memerlukan waktu 1 hingga 3 hari kerja, jadi bersabarlah.

Manfaat Memverifikasi Akun YouTube:

Memverifikasi akun YouTube adalah langkah penting untuk YouTuber. Ini memberikan legitimasi pada kanal Anda dan memberikan beberapa manfaat, seperti memungkinkan Anda mengakses fitur-fitur penting seperti monetisasi, mengamankan nama pengguna Anda, dan memberikan kepercayaan kepada penonton.

Syarat Verifikasi Akun YouTube

Syarat umum untuk verifikasi akun YouTube meliputi memiliki kanal yang aktif, memiliki foto profil, memiliki setidaknya 100.000 pelanggan, serta mematuhi pedoman komunitas dan kebijakan monetisasi YouTube.

Verifikasi Akun YouTube untuk Monetisasi

Verifikasi akun YouTube adalah salah satu syarat untuk mengaktifkan monetisasi, yang memungkinkan Anda menghasilkan uang dari iklan di video Anda. Tanpa verifikasi, Anda tidak dapat memonetisasi kanal Anda.

Mengapa Penting Memverifikasi Akun YouTube?

Verifikasi menunjukkan kepada penonton bahwa kanal Anda resmi dan tepercaya. Ini juga memberikan akses ke fitur-fitur khusus yang membantu dalam pertumbuhan kanal dan pendapatan.

Cara Menandai Akun YouTube Terverifikasi

Anda bisa menandai akun YouTube terverifikasi dengan melihat centang biru kecil di sebelah nama kanal. Ini menandakan bahwa kanal tersebut telah diverifikasi oleh YouTube.

Perbedaan Akun Terverifikasi dan Tidak Terverifikasi di YouTube

Akun terverifikasi memiliki centang biru kecil di sebelah nama kanal, yang membedakan mereka dari akun biasa. Akun terverifikasi memiliki lebih banyak kredibilitas dan akses ke beberapa fitur tambahan.

Durasi Waktu untuk Proses Verifikasi Akun YouTube

Proses verifikasi akun YouTube adalah langkah penting dalam membangun kepercayaan dan kredibilitas kanal Anda. Namun, banyak YouTuber baru dan yang sudah ada sering bertanya-tanya berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses ini. Meskipun tidak ada jawaban pasti, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang durasi waktu untuk proses verifikasi akun YouTube:

  • Tidak Ada Waktu Tetap: Pertama-tama, penting untuk diingat bahwa tidak ada waktu tetap yang berlaku untuk semua kanal. Durasi waktu untuk proses verifikasi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor.
  • Proses Verifikasi Initial: Untuk mendapatkan centang biru kecil di sebelah nama kanal Anda, Anda perlu memenuhi syarat-syarat tertentu yang mencakup memiliki setidaknya 100.000 pelanggan. Setelah Anda memenuhi syarat-syarat ini, Anda dapat mengajukan permohonan untuk verifikasi. YouTube akan memeriksa permohonan Anda, dan durasi waktu untuk menyelesaikan proses ini dapat bervariasi dari beberapa minggu hingga beberapa bulan.
  • Kesabaran Diperlukan: Proses verifikasi adalah momen yang memerlukan kesabaran. Jangan terlalu khawatir jika Anda tidak melihat perubahan dalam status verifikasi kanal Anda dalam beberapa minggu. Pada akhirnya, YouTube akan meninjau permohonan Anda.
  • Teruslah Berkarya: Selama Anda menunggu proses verifikasi selesai, penting untuk tetap berkarya dan menghasilkan konten berkualitas di kanal Anda. Jangan biarkan proses verifikasi menghentikan semangat Anda dalam membuat konten yang menarik.
  • Hubungi Dukungan: Jika Anda merasa proses verifikasi telah berjalan terlalu lama atau mengalami masalah, Anda dapat menghubungi dukungan YouTube untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Dengan memahami bahwa tidak ada waktu pasti untuk proses verifikasi akun YouTube, Anda dapat tetap fokus pada membangun kanal Anda dan mengejar tujuan Anda dalam dunia YouTube. Kesabaran dan konsistensi adalah kunci untuk mencapai verifikasi dan kesuksesan jangka panjang di platform ini.

Kesalahan Umum saat Melakukan Verifikasi Akun YouTube:

Kesalahan umum saat melakukan verifikasi akun meliputi mengajukan permohonan terlalu cepat, tidak memenuhi syarat-syarat yang diperlukan, atau memberikan informasi yang tidak valid. Penting untuk memastikan bahwa Anda memenuhi syarat sebelum mengajukan permohonan verifikasi.

Demikianlah cara-cara verifikasi akun YouTube yang dapat dilakukan melalui komputer atau ponsel. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memanfaatkan berbagai fitur YouTube dengan lebih baik!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *