GIF-banner-2024

1.952 Kampus Dilirik sebagai Sumber Karyawan Industri di IMIP

waktu baca 1 menit
Foto: Salah seorang karyawan IMIP sedang memeriksa kualitas hasil produksi dari pabrik. (Amirullah)

1.952 Kampus Dilirik sebagai Sumber Karyawan Industri di IMIP

Sulawesitoday – Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) telah menjadi magnet bagi pencari kerja, menarik lulusan dari 1.952 perguruan tinggi di seluruh dunia.

Menurut data dari Human Resource and Training PT IMIP, sekitar 30% dari total 80.259 karyawan di IMIP berasal dari berbagai institusi pendidikan tersebut.

Penyesuaian Terhadap Kebutuhan Industri

Proses rekrutmen di IMIP didasarkan pada kualifikasi S1 sebagai persyaratan minimal. Namun, tidak semua posisi memerlukan latar belakang teknis. Menurut Achmanto Mendatu, HR Head PT IMIP, beberapa unit pekerjaan dapat diisi oleh lulusan jurusan umum.

PT IMIP telah mengimplementasikan program pelatihan, termasuk On The Job Training (OJT), pelatihan terstruktur, dan pelatihan formal. OJT dinilai paling efektif karena memungkinkan karyawan untuk langsung menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam lingkungan kerja.

Pemberian Beasiswa untuk Pengembangan Pendidikan

Untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja, IMIP memberikan beasiswa untuk pendidikan lanjutan, termasuk S2 Jurusan Metalurgi di China. PT QMB dan PT Huayue Nickel Cobalt (HYNC) telah membiayai 53 mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan tersebut.

Menurut Achmanto Mendatu, “Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan integrasi tenaga kerja di IMIP, sehingga tetap relevan dan kompetitif di pasar kerja global.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *