Banner kesbanpol2 2024

7 Hal yang Terjadi Jika Tubuh Disambar Petir

waktu baca 3 menit
7 Hal yang Terjadi Jika Tubuh Disambar Petir

7 Hal yang Terjadi Jika Tubuh Disambar Petir

Sulawesitoday– Pernahkah terbersit dalam pikiranmu bagaimana rasanya jika kamu disambar petir? Meskipun kemungkinannya sangat langka, namun ketika petir benar-benar menyambar seseorang, dampaknya bisa sangat mengagetkan dan mengerikan.

Petir bukanlah mainan, dan aliran listrik yang dibawanya mampu mengubah segalanya dalam sekejap. Jika kamu penasaran dengan apa yang terjadi di tubuhmu ketika disambar petir, mari kita telaah beberapa fakta mengejutkan di bawah ini!

Rambut akan Berdiri Sesaat Sebelum Petir Menyambarmu

Beberapa orang yang selamat dari sambaran petir mengaku bahwa rambut mereka berdiri tegak sesaat sebelum petir menyambar. Sensasi ini seringkali diikuti dengan getaran logam yang dipakai di sekitar tubuh. Jika kamu mengalami hal ini bersamaan dengan mendengar suara petir, segeralah mencari perlindungan sebelum terlambat.

Kamu Akan Merasa Seperti Dipukul dengan Keras

Saksi yang pernah mengalami menyambaran petir menggambarkan sensasi seperti ditabrak oleh kereta barang. Saat petir menyambar, tubuhmu akan terasa terjepit dan tertabrak dengan keras, tanpa memiliki kendali atas gerakanmu atau kesadaran akan sekitarmu.

Akan Mendapatkan Luka Bakar yang Parah

Kehadiran aliran listrik dalam tubuhmu akan menyebabkan luka bakar yang serius. Panas yang dihasilkan oleh petir bahkan lima kali lebih besar daripada panas matahari yang biasa kita rasakan.

Luka bakar yang dihasilkan bisa berbentuk seperti jejak petir atau bahkan menyerupai pola ranting pohon, akibat dari gelombang panas yang melintas di tubuh. Beberapa korban bahkan kehilangan anggota tubuh mereka akibat luka bakar yang parah.

Suara Petir Akan Merusak Gendang Telinga

Salah satu cedera umum yang disebabkan oleh petir adalah kerusakan pada gendang telinga. Gelombang kejut yang dihasilkan oleh petir bisa merusak gendang telinga secara permanen, menyebabkan hilangnya pendengaran sementara pada korban.

Tubuh Mengalami Kejang yang Tak Terkendali

Aliran listrik yang melintas melalui tubuh juga dapat menyebabkan kejang yang tidak dapat dikendalikan sepenuhnya. Korban yang tersambar petir sering kali mengalami kejang hebat yang bahkan bisa berlanjut secara permanen, menyerupai gejala penderita Parkinson.

Detak Jantung Bisa Terhenti

Petir dapat mengejutkan jantung hingga membuatnya berhenti berdetak, menjadi penyebab utama kematian pada kebanyakan korban petir. Besarnya energi listrik yang dibawa oleh petir bisa langsung menghentikan aktivitas jantung manusia.

Efek Samping yang Menyertainya

Bagian tersulit dari tersambar petir adalah efek sampingnya. Dampaknya tidak hanya pada tubuh fisik, tetapi juga pada sistem saraf dan kesehatan mental korban.

Banyak korban mengalami kehilangan ingatan, kesulitan berbicara atau bergerak, bahkan perubahan kepribadian yang signifikan. Beberapa bahkan menjadi alergi terhadap logam setelah insiden tersebut.

Walaupun kemungkinannya kecil, namun tetaplah berhati-hati dan waspada terhadap cuaca buruk dan petir. Menghindari situasi yang berpotensi menyebabkan tersambar petir adalah langkah bijak untuk menjaga keselamatan diri.

Ingatlah, sementara petir mungkin terlihat indah dari kejauhan, namun ketika menyentuh tanah, dampaknya bisa sangat mematikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *