Banner kesbanpol2 2024

Apel Siaga HBKN: Dinas Ketahanan Pangan Parimo Gelar Gerakan Pangan Murah

waktu baca 2 menit
Apel Siaga HBKN: Dinas Ketahanan Pangan Parimo Gelar Gerakan Pangan Murah

Apel Siaga HBKN: Dinas Ketahanan Pangan Parimo Gelar Gerakan Pangan Murah

Sulawesitoday– Dalam mengantisipasi kebutuhan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 2024 serta mempertahankan Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP), Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parigi Moutong mengadakan Gerakan Pangan Murah (GPM).

Gerakan Serentak di Seluruh Indonesia

GPM, yang diinisiasi oleh Pemerintah Pusat, dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini diawali Senin (1/4/2024) di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan. Acara dihadiri oleh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta unsur Forkopimda setempat.

Mohamad Yasir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Parimo, menyampaikan, “Hari ini, kita siapkan 1000 paket dengan harga Rp 160 ribu per paket, subsidi sekitar Rp 50 ribu dari harga pasar.” Yasir menegaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menjaga stabilitas harga jelang hari besar keagamaan dan mengendalikan inflasi.

Dukungan untuk Petani Lokal

Yasir menambahkan, komoditi yang tersedia berasal dari petani lokal Kabupaten Parigi Moutong. “Kami berupaya menjaga keseimbangan antara petani dan konsumen tanpa merugikan pihak manapun,” ungkapnya.

Ketersediaan Komoditas

Masdin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Parimo, menjelaskan bahwa sejak Januari 2024, mereka telah menyediakan 32 ribu ton beras premium dan 12 ribu ton beras medium. Selain itu, untuk kegiatan GPM di Polres Parigi Moutong tanggal 2 April, mereka menyiapkan 2 ton beras.

Beragam Komoditas dengan Harga Terjangkau

Selain paket pangan seharga Rp 160 ribu, Dinas Ketahanan Pangan juga menyediakan berbagai komoditas dengan harga terjangkau, seperti telur ayam, cabai, bawang putih, bawang merah, tepung terigu, gula pasir, dan minyak goreng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *