GIF-banner-2024

Arus Mudik Lebaran 2024: Naik 90%, Pelabuhan Pantoloan Palu Ramai

waktu baca 2 menit
Foto: Sejumlah penumpang yang mudik lebaran menggunakan jasa transportasi laut melalui Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu, Sulawesi Tengah. (Aswadin)

Arus Mudik Lebaran 2024: Naik 90%, Pelabuhan Pantoloan Palu Ramai

Sulawesitoday – Jumlah penumpang yang mudik lebaran menggunakan jasa transportasi laut melalui Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu, Sulawesi Tengah meningkat tajam, naik 90 persen dibandingkan hari-hari biasanya.

Kepala PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Palu, Siti Nafillah, mengungkapkan, “Terdapat peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun lalu, disebabkan oleh penambahan frekuensi berlayar atau Call kapal yang kini mencapai sembilan, dibandingkan sebelumnya hanya enam.”

Kapal Terakhir Berangkat

KM Lambelu, tujuan Balikapapan – Pare Pare – Makassar – Bau bau dan Larantuka, menjadi kapal terakhir yang mengangkut pemudik di Pelabuhan Pantoloan Palu, pada Minggu (7/4) dini hari.

Data dari Pelni cabang Palu mencatat, sebanyak 918 orang naik pada H-3 Lebaran, sementara sejak tanggal 26 Maret hingga 7 April 2024, total pemudik yang menggunakan transportasi Kapal melalui Pelabuhan Pantoloan Palu mencapai sekitar 6.000 orang.

Puncak Arus Mudik

“Puncak arus mudik terjadi pada pemberangkatan tanggal 1 kemarin, khususnya tujuan Balikpapan – Surabaya dan tanggal 7 hari ini,” ungkapnya.

Pelni Cabang Palu menyediakan dua kapal angkutan lebaran, KM Lambelu dan KM Labobar, untuk melayani penumpang mudik lebaran tahun 2024.

Pengalaman Pertama Naik Kapal

Fadli, salah satu pemudik, mengatakan, “Ini pertama kali naik kapal, mau coba bagaimana pengalaman naik kapal. Terus juga mau lihat fasilitas-fasilitas di dalam itu juga seperti apa, ia mau ke Pare pare.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *