Cara Beli dan Pakai e Meterai untuk Pendaftaran CPNS 2023, Cek Infonya!

waktu baca 4 menit
Cara Beli dan Pakai e Meterai untuk Pendaftaran CPNS 2023Meterai elektronik (e-meterai) adalah meterai dalam format elektronik yang dibubuhkan pada dokumen elektronik untuk menunjukkan bahwa dokumen tersebut telah sah dan memiliki kekuatan hukum. e-Meterai mulai diberlakukan di Indonesia sejak 1 Oktober 2021.

Cara Beli dan Pakai e Meterai untuk Pendaftaran CPNS 2023

Meterai elektronik (e-meterai) adalah meterai dalam format elektronik yang dibubuhkan pada dokumen elektronik untuk menunjukkan bahwa dokumen tersebut telah sah dan memiliki kekuatan hukum. e-Meterai mulai diberlakukan di Indonesia sejak 1 Oktober 2021.

Cara Beli e-Meterai

Untuk membeli e-meterai, Anda dapat melakukannya secara online melalui situs web pos.e-meterai.co.id atau melalui aplikasi e-meterai dari berbagai penyedia layanan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membeli e-meterai:

  1. Buka situs web pos.e-meterai.co.id atau aplikasi e-meterai dari penyedia layanan.
  2. Buat akun dengan memasukkan data diri Anda, seperti nama, alamat email, dan nomor telepon.
  3. Pilih jenis e-meterai yang ingin Anda beli.
  4. Masukkan jumlah e-meterai yang ingin Anda beli.
  5. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang tersedia.
  6. Topik terkait

Jenis e-Meterai

Terdapat dua jenis e-meterai, yaitu:

  • e-Meterai Rp 10.000, digunakan untuk dokumen dengan nilai nominal sampai dengan Rp 500.000.
  • e-Meterai Rp 30.000, digunakan untuk dokumen dengan nilai nominal lebih dari Rp 500.000.

Cara Pakai e-Meterai

Setelah membeli e-meterai, Anda dapat membubuhkannya pada dokumen elektronik. Berikut adalah langkah-langkah untuk membubuhi e-meterai pada dokumen elektronik:

  1. Buka dokumen elektronik yang ingin Anda bubuhi e-meterai.
  2. Pilih menu “Pembubuhan”.
  3. Masukkan informasi dokumen, seperti tanggal, nomor dokumen, dan tipe dokumen.
  4. Unggah dokumen dalam format PDF.
  5. Pilih posisi e-meterai pada dokumen.
  6. Masukkan PIN e-meterai Anda.
  7. Klik tombol “Bubuhkan”.

Tips Menggunakan e-Meterai

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan e-meterai:

  • Pastikan dokumen elektronik yang akan Anda bubuhi e-meterai dalam format PDF.
  • Pastikan Anda memiliki PIN e-meterai yang valid.
  • Pastikan Anda membubuhkan e-meterai pada posisi yang tepat.

Selain informasi yang disebutkan di atas, artikel ini juga memberikan informasi tambahan berikut:

  • Perbandingan e-Meterai dengan Meterai Temel. E-Meterai memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan meterai tempel, antara lain: Lebih praktis dan efisien,  Tidak perlu ditempel dan Lebih sulit dipalsukan.
  • Kekuatan Hukum e-Meterai. e-Meterai memiliki kekuatan hukum yang sama dengan meterai tempel. Dokumen elektronik yang dibubuhi e-meterai dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan.
  • Dokumen yang Wajib Dibubuhi e-Meterai. Dokumen yang wajib dibubuhi e-meterai adalah dokumen elektronik yang memenuhi kriteria sebagai berikut: Dokumen yang digunakan untuk keperluan perdata dan/atau pidana serta Dokumen yang memiliki nilai nominal tertentu.
  • Dokumen yang Tidak Wajib Dibubuhi e-Meterai. Dokumen yang tidak wajib dibubuhi e-meterai adalah dokumen elektronik yang memenuhi kriteria sebagai berikut: Dokumen yang digunakan untuk keperluan pribadi dan Dokumen yang tidak memiliki nilai nominal.

Kesimpulannya, e-Meterai adalah solusi yang praktis dan efisien untuk membubuhkan meterai pada dokumen elektronik. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membeli dan menggunakan e-meterai.

Untuk membeli dan menggunakan e-Materai untuk pendaftaran CPNS 2023 di Indonesia, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Persiapkan Dokumen-dokumen yang Diperlukan: Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran CPNS 2023, seperti KTP, ijazah, transkrip nilai, dan dokumen lainnya sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.
  • Akses Website Resmi: Kunjungi website resmi pendaftaran CPNS yang telah ditentukan oleh pemerintah. Informasi ini biasanya tersedia di situs web Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau instansi terkait.
  • Registrasi Akun: Buat akun atau login jika Anda sudah memiliki akun pendaftaran sebelumnya. Pastikan untuk mengisi data diri dengan benar.
  • Pembelian e-Materai: Pada tahap pendaftaran, Anda akan diminta untuk membayar e-Materai. Ini biasanya dapat dilakukan melalui berbagai metode pembayaran, seperti transfer bank atau pembayaran online.
  • Isi Formulir Pendaftaran: Isi formulir pendaftaran dengan cermat sesuai petunjuk yang diberikan. Unggah dokumen-dokumen yang diperlukan dan ikuti prosedur yang ditentukan.
  • Verifikasi Data: Pastikan untuk memeriksa kembali data yang Anda masukkan sebelum mengirimkan formulir pendaftaran.
  • Pembayaran dan Konfirmasi: Setelah mengisi formulir pendaftaran, lakukan pembayaran e-Materai sesuai petunjuk yang diberikan. Simpan bukti pembayaran sebagai referensi.
  • Tunggu Pengumuman: Setelah selesai mendaftar, Anda harus menunggu pengumuman hasil seleksi CPNS. Informasi ini biasanya akan diberikan melalui situs web resmi.

Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk resmi yang diberikan oleh pemerintah dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait dengan pendaftaran CPNS. Prosesnya dapat berubah dari tahun ke tahun, jadi pastikan Anda memeriksa informasi terbaru sebelum mendaftar.

Demikianlah artikel tentang cara beli dan pakai e-meterai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga Cara membeli e-materai CPNS 2023 terbaru

Cara Beli dan Pakai e Meterai untuk Pendaftaran CPNS 2023 Meterai elektronik (e-meterai) adalah meterai dalam format elektronik yang dibubuhkan pada dokumen elektronik untuk menunjukkan bahwa dokumen tersebut telah sah dan memiliki kekuatan hukum. e-Meterai mulai diberlakukan di Indonesia sejak 1 Oktober 2021.
Cara Beli dan Pakai e Meterai untuk Pendaftaran CPNS 2023
Meterai elektronik (e-meterai) adalah meterai dalam format elektronik yang dibubuhkan pada dokumen elektronik untuk menunjukkan bahwa dokumen tersebut telah sah dan memiliki kekuatan hukum. e-Meterai mulai diberlakukan di Indonesia sejak 1 Oktober 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *