Cara melihat siapa yang menyimpan screenshot Instagram

waktu baca 4 menit
Cara melihat siapa yang menyimpan screenshot InstagramTahukah kamu bahwa ada cara untuk mengetahui orang yang mengambil screenshot Instagram Story kita? Jadi kita bisa melihat siapa saja yang mengambil screenshot dari Instagram Story yang diunggah selama 24 jam.

Cara melihat siapa yang menyimpan screenshot Instagram

Tahukah kamu bahwa ada cara untuk mengetahui orang yang mengambil screenshot Instagram Story kita? Jadi kita bisa melihat siapa saja yang mengambil screenshot dari Instagram Story yang diunggah selama 24 jam.

Screenshot, atau yang lebih dikenal sebagai tangkapan layar, adalah gambar digital yang menampilkan isi layar komputer, ponsel, atau tablet. Biasanya, kita melakukan screenshot untuk menyimpan atau berbagi sesuatu yang dianggap penting.

Apalagi Instagram Story hanya akan terlihat selama 24 jam, kecuali jika cerita tersebut disimpan di highlight oleh pengunggahnya. Namun, apakah benar Instagram memiliki fitur untuk bisa mengetahui orang yang mengambil screenshot Instagram Story? Pada dasarnya, fitur tersebut sudah dibatalkan alias tidak berlaku lagi di Instagram.

Keputusan ini diambil atas pertimbangan masalah privasi, mendorong interaksi antar pengguna, serta kebiasaan umum pengguna untuk mengambil tangkapan layar. Jadi, bagaimana dengan fitur mengetahui orang yang mengambil screenshot di Instagram? Fitur ini sebenarnya masih berlaku, tetapi bukan untuk Instagram Story.

Instagram kini memungkinkan pengguna untuk mengetahui apabila seseorang melakukan screenshot pada pesan langsung, atau yang lebih dikenal dengan direct message (DM). Khususnya, fitur ini berlaku untuk screenshot foto atau video yang dikirimkan dalam percakapan DM.

Berikut cara mengetahui orang yang mengambil screenshot DM Instagram:

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Klik ikon balon messenger di pojok kanan atas untuk membuka pesan langsung (DM).
  • Topik terkait
  • Buka pesan dari orang atau pengguna yang kamu pilih.
  • Klik ikon kamera di sudut kiri bawah layar.
  • Setelah mengambil foto atau video, klik tulisan “Allow Replay” di pojok kiri bawah.
  • Kirimkan foto atau video tersebut.

Jika pengguna lain mengambil tangkapan layar dari foto atau video yang kamu kirimkan, maka akan muncul notifikasi di ponselmu berupa “(nama pengguna) took a screenshot of the photo you sent.”

Selain itu, Instagram juga telah menghadirkan fitur privasi yang lebih kuat dalam DM, yang dikenal sebagai “vanish mode.” Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara rahasia, dan pesan-pesan tersebut akan otomatis terhapus ketika pengguna keluar dari obrolan DM. Sebelum mengaktifkan vanish mode, pastikan pengguna lain yang sedang berkomunikasi denganmu juga mengaktifkan fitur ini.

Mengenali Pengguna yang Mengambil Tangkapan Layar Instagram

Mengidentifikasi apakah seseorang telah mengambil tangkapan layar di Instagram bisa menjadi pertanyaan umum, tetapi perlu diingat bahwa Instagram tidak memberikan notifikasi kepada pengguna ketika seseorang mengambil tangkapan layar posting reguler. Namun, untuk cerita (stories), ada beberapa cara untuk mengetahui siapa yang menyimpan atau mengambil tangkapan layar.

Bagaimana Mengetahui Orang yang Menyimpan Foto dari Instagram

Instagram tidak memberikan notifikasi khusus ketika seseorang menyimpan foto Anda. Penyimpanan foto biasanya bersifat pribadi, kecuali seseorang memutuskan untuk membagikannya lagi.

Mengidentifikasi Pengguna yang Mengunduh Gambar dari Instagram

Instagram tidak memberikan notifikasi atau alat resmi untuk mengidentifikasi pengguna yang mengunduh gambar dari akun Anda. Privasi adalah tanggung jawab pengguna untuk mengatur.

Melacak Siapa yang Mengambil Tangkapan Layar pada Posting Instagram

Untuk cerita (stories) Instagram, Anda dapat mengetahui siapa yang mengambil tangkapan layar. Instagram memberikan notifikasi ketika seseorang mengambil tangkapan layar cerita Anda.

Mengetahui Siapa yang Menyimpan Story Instagram

Instagram memberikan notifikasi kepada pengguna saat seseorang menyimpan cerita mereka. Jika Anda melihat notifikasi “disimpan oleh” di cerita Anda, itu berarti seseorang telah menyimpan cerita Anda.

Mengenali Pengguna yang Mengunduh Video dari Instagram

Sama seperti dengan gambar, Instagram tidak memberikan alat resmi atau notifikasi untuk mengidentifikasi pengguna yang mengunduh video dari akun Anda.

Cara Mencegah Orang Mengambil Screenshot di Instagram

Instagram sendiri tidak memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mencegah pengguna lain mengambil tangkapan layar. Privasi dalam mengunggah konten adalah kunci. Anda dapat mengatur akun Anda menjadi pribadi, sehingga hanya pengikut Anda yang dapat melihat postingan Anda.

Privasi dan Keamanan Screenshot Instagram

Penting untuk selalu memahami bahwa privasi di platform media sosial seperti Instagram dapat berubah, dan Anda harus selalu memeriksa pengaturan privasi Anda secara berkala. Pastikan untuk berbagi konten yang Anda merasa nyaman dibagikan oleh orang lain dan ingat bahwa beberapa informasi mungkin tetap bisa diambil oleh pengguna meskipun dengan cara yang tidak selalu dapat Anda kendalikan.

Secara umum, Instagram fokus pada menjaga privasi penggunanya dan tidak memberikan alat untuk melacak pengguna yang mengambil tangkapan layar atau mengunduh gambar. Oleh karena itu, penting untuk menjaga privasi dengan bijak dan membagikan konten yang Anda merasa nyaman dibagikan oleh orang lain.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *