GIF-banner-2024

cara membuat thread di twitter 2023

waktu baca 5 menit
cara membuat thread di twitter 2023Cara membuat thread di  cukup efektif dilakukan untuk menyampaikan cerita, informasi, atau pemikiran yang lebih panjang kepada pengikut. Sebuah thread adalah serangkaian cuitan yang terhubung, biasanya dengan tujuan atau topik yang konsisten.

cara membuat thread di twitter 2023

Cara membuat thread di  cukup efektif dilakukan untuk menyampaikan cerita, informasi, atau pemikiran yang lebih panjang kepada pengikut. Sebuah thread adalah serangkaian cuitan yang terhubung, biasanya dengan tujuan atau topik yang konsisten.

Menurut laman help.twitter.com, pembuatan thread di Twitter memungkinkan pengguna untuk mengatasi batasan jumlah karakter dalam satu cuitan. Dengan menyusun cuitan dalam bentuk thread, seseorang dapat menyampaikan pesan atau gagasan yang lebih kompleks dengan lebih efisien dan terstruktur.

Penting bagi pengguna Twitter untuk memahami apa itu thread di Twitter. Thread adalah serangkaian cuitan yang saling terhubung melalui tautan “balas” (reply) atau tautan “terkait”.

Dengan menggunakan thread, pengguna dapat menyampaikan pesan yang lebih panjang daripada batasan 4.000 karakter yang biasa ada pada setiap cuitan. Thread dapat dimanfaatkan untuk mengutip atau berbagi tutorial.

Cara Membuat Thread di Twitter

Terkadang, pengguna memerlukan lebih dari satu tweet untuk mengekspresikan diri. Thread adalah pilihan yang tepat untuk menghubungkan beberapa tweet. Berikut adalah  thread di Twitter yang mudah dibaca.

  1. Menyiapkan Konten

Pengguna dapat menentukan topik atau informasi yang ingin dibagikan melalui thread. Kemudian, mulai merencanakan konten cuitan sehingga memiliki alur yang logis dan mudah dipahami oleh pembaca.

  1. Membuka Aplikasi

Selanjutnya, membuka aplikasi Twitter dan memastikan telah masuk ke akun pengguna. Di halaman beranda atau profil, dapat segera mengetuk ikon “Buat Cuitan” di sudut kanan atas.

  1. Membuat Cuitan Pertama

Pengguna menuliskan pengantar dari thread di kotak cuitan. Pengguna dapat menyisipkan gambar atau GIF dengan mengklik ikon kamera di bawah kotak cuitan. Selain itu, boleh juga ditambahkan tautan pendek atau hashtag.

  1. Menautkan Cuitan Berikutnya

Setelah cuitan pertama, pengguna perlu mengklik ikon “Tambahkan cuitan lainnya” (ikon titik tiga di sudut kanan bawah cuitan). Ini akan membuka kotak cuitan baru yang terkait dengan cuitan pertama pengguna.

  1. Melanjutkan Thread

Pengguna dapat mengetikkan isi cuitan kedua dan memastikan tetap relevan dengan topik yang sama. Pengguna dapat mengulangi langkah 4 dan 5 untuk membuat cuitan-cuitan berikutnya.

  1. Memastikan Urutan Cuitan

Urutan cuitan penting untuk diperhatikan agar membentuk alur cerita yang kohesif. Cara membuat thread di Twitter berikutnya adalah menggunakan tautan “Balas” pada cuitan sebelumnya untuk menghubungkan thread.

  1. Mengakhiri Thread

Pada cuitan terakhir, akhiri thread dengan kesimpulan, pertanyaan, atau ajakan untuk berinteraksi lebih lanjut. Pengguna perlu memastikan thread lengkap dan memenuhi tujuan.

  1. Melakukan Publish Thread

Periksa kembali thread untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau informasi yang salah. Pengguna dapat mengklik tombol “Cuitkan” untuk menerbitkan thread.

  1. Mempromosikan dan Interaksi
  • Setelah thread dipublikasikan, thread dapat dipublikasikan di platform lain atau meminta pengikut me-retweet. Pengguna dapat menanggapi komentar dari pengikut terhadap thread.
  • Secara keseluruhan, thread memiliki alur cerita yang terstruktur. Maka dari itu, penyajian informasi dapat dilakukan secara efektif agar mudah dibaca oleh pengikut atau pembaca yag lain.
  • Cara membuat thread di Twitter dapat dilakukan oleh pengguna untuk berbagi informasi, cerita, atau panduan. Pengguna tidak lagi khawatir dengan batasan jumlah karakter di Twitter.
  • Panduan Membuat Thread di Twitter 2023: Langkah-Langkah Terbaru untuk Sukses di Platform Ini
  • Sosial media, seperti Twitter, telah menjadi platform yang tak terhindarkan dalam kehidupan kita. Untuk berbagi pemikiran, cerita, atau pesan yang lebih panjang, pembuatan thread adalah pilihan yang sangat populer. Thread adalah serangkaian tweet yang terkait satu sama lain dan sangat bermanfaat untuk mengorganisasi informasi dengan baik. Bagaimana cara membuat thread di Twitter tahun 2023? Bagaimana membuatnya lebih efektif dan menarik bagi pembaca? Apakah ada fitur baru yang harus Anda ketahui? Artikel ini akan memberikan panduan komprehensif mengenai semua hal tersebut.
  1. Panduan Membuat Thread di Twitter 2023

Sebelum kita merinci langkah-langkah membuat thread, mari kita pahami apa yang harus Anda lakukan agar thread Anda berhasil. Pertama, tetapkan tujuan Anda. Apa yang ingin Anda sampaikan melalui thread ini? Jika Anda memiliki pesan yang kuat, thread adalah cara yang bagus untuk mengkomunikasikannya.

  1. Langkah-Langkah Membuat Thread di Twitter Terbaru
  • Mulailah dengan Tweet Pertama yang Kuat: Ini akan menjadi “Tweet pembuka” thread Anda. Pastikan itu menarik perhatian pembaca dan mencerminkan pokok bahasan Anda.
  • Tambahkan Tweet Berikutnya: Untuk menambahkan tweet berikutnya dalam thread, cukup balas ke tweet pertama Anda dan tulis tweet berikutnya. Ulangi proses ini sebanyak yang Anda butuhkan.
  • Nomor Urutan: Sebagai panduan, Anda bisa menyertakan nomor urutan pada setiap tweet untuk membantu pembaca memahami urutan cerita Anda.
  1. Cara Unroll Thread di Twitter 2023

Untuk membantu pembaca yang tidak ingin menggulir panjang-panjang, Twitter memiliki fitur “Unroll” yang memungkinkan Anda untuk melihat seluruh thread dalam satu tampilan. Cukup klik pada tweet pertama, lalu pilih “Unroll” untuk melihat seluruh thread dalam satu tampilan yang nyaman.

  1. Bagaimana Cara Menulis Thread di Twitter yang Efektif?

Efektivitas sebuah thread tergantung pada beberapa faktor:

  • Ketepatan dan Kekompakan: Pastikan setiap tweet Anda berkontribusi pada cerita keseluruhan.
  • Gaya Penulisan: Gunakan bahasa yang jelas, singkat, dan menarik.
  • Tambahkan Media: Gambar, video, atau GIF dapat membuat thread Anda lebih menarik.
  1. Tips Membuat Thread Twitter yang Menarik
  • Gunakan Headline yang Menarik: Tweet pertama harus memikat pembaca.
  • Gunakan Hashtag yang Relevan: Ini dapat membantu thread Anda ditemukan oleh lebih banyak orang.
  • Libatkan Pembaca: Ajak pembaca untuk berpartisipasi dengan mengajukan pertanyaan atau meminta pendapat mereka.
  1. Aplikasi untuk Membuat Thread di Twitter

Sejumlah aplikasi pihak ketiga, seperti “Threader” atau “TwitLonger,” dapat membantu Anda membuat thread dengan lebih mudah dan fitur tambahan.

  1. Apakah Ada Fitur Baru untuk Membuat Thread di Twitter Tahun 2023?

Twitter secara teratur mengupdate fitur-fiturnya. Pastikan untuk memeriksa pembaruan terbaru dalam aplikasi Twitter agar Anda tidak ketinggalan informasi mengenai fitur-fitur terbaru yang berkaitan dengan thread.

  1. Bagaimana Mengedit Thread di Twitter Setelah Dipublikasikan?

Saat ini, Twitter belum menyediakan fitur pengeditan untuk thread yang telah dipublikasikan. Sebaiknya pastikan semua informasi sudah benar sebelum Anda memposting thread.

  1. Contoh Thread Twitter yang Sukses Tahun 2023

Untuk memberikan inspirasi, Anda bisa mencari thread-thread populer di berbagai topik di Twitter. Amati bagaimana penulis mengorganisasi informasi mereka dan berinteraksi dengan pembaca.

  1. Apakah Ada Perubahan Aturan dalam Membuat Thread di Twitter 2023?

Perubahan aturan di Twitter mungkin terjadi dari waktu ke waktu. Pastikan Anda selalu mengikuti pedoman resmi Twitter dan memeriksa pembaruan aturan yang berlaku.

Dengan panduan ini, Anda siap untuk membuat thread di Twitter tahun 2023 yang efektif, menarik, dan informatif. Selamat tweeting.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *