Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Terhapus di Android

waktu baca 4 menit
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Terhapus di Android - WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Dalam penggunaan sehari-hari, sangat mungkin terjadi bahwa pesan atau chat WhatsApp yang penting terhapus secara tidak sengaja.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Terhapus di Android – WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Dalam penggunaan sehari-hari, sangat mungkin terjadi bahwa pesan atau chat WhatsApp yang penting terhapus secara tidak sengaja.

Jika hal ini terjadi, jangan panik. Di artikel ini, akan dibahas cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di Android.

Mengaktifkan Backup Otomatis di WhatsApp

Saat mengaktifkan backup otomatis di WhatsApp, aplikasi akan secara otomatis membuat cadangan chat harian, mingguan, atau bulanan, tergantung pada pengaturan yang Anda pilih. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dengan mudah jika terjadi kesalahan atau kehilangan data.

Cara mengaktifkan backup otomatis di WhatsApp

Untuk mengaktifkan backup otomatis di WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Android Anda.
  2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
  3. Pilih “Pengaturan” dari daftar menu yang muncul.
  4. Topik terkait
  5. Pilih “Chats”.
  6. Pilih “Backup chat”.
  7. Pilih frekuensi backup yang Anda inginkan (harian, mingguan, atau bulanan).
  8. Pilih akun Google Drive yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan backup.
  9. Tekan “Backup Now” untuk membuat backup manual atau tunggu sampai backup otomatis dijadwalkan.

Kapan backup otomatis dilakukan

Backup otomatis di WhatsApp dilakukan sesuai dengan pengaturan frekuensi yang telah Anda pilih. Backup harian akan dilakukan setiap hari pada pukul 2 pagi, backup mingguan akan dilakukan setiap hari Minggu pukul 2 pagi, dan backup bulanan akan dilakukan setiap tanggal 1 bulan pada pukul 2 pagi. Namun, backup juga dapat dilakukan secara manual kapan saja dengan memilih opsi “Backup Now”.

Mengembalikan Chat dari Backup WhatsApp

Jika chat WhatsApp Anda terhapus, Anda dapat mengembalikannya dari backup WhatsApp yang telah dibuat sebelumnya. Backup WhatsApp dapat dilakukan secara lokal di perangkat atau diunggah ke Google Drive.

Cara mengembalikan chat dari backup lokal

Untuk mengembalikan chat dari backup lokal di perangkat, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan backup WhatsApp telah dibuat sebelumnya dengan mengaktifkan fitur backup otomatis di WhatsApp.
  2. Buka aplikasi File Manager di perangkat Anda.
  3. Cari folder “WhatsApp” dan buka.
  4. Cari folder “Database” dan buka.
  5. Di dalam folder “Database”, Anda akan menemukan file dengan nama “msgstore.db.crypt12”. File inilah yang berisi backup chat WhatsApp.
  6. Ubah nama file “msgstore.db.crypt12” menjadi “msgstore_BACKUP.db.crypt12”.
  7. Ganti nama file “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12” menjadi “msgstore.db.crypt12”.
  8. Buka WhatsApp, verifikasi nomor telepon Anda, dan tunggu proses restore selesai.

Cara mengembalikan chat dari Google Drive

Untuk mengembalikan chat dari backup di Google Drive, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan backup WhatsApp telah dibuat sebelumnya dengan mengaktifkan fitur backup otomatis di WhatsApp dan mengunggah backup ke Google Drive.
  2. Instal WhatsApp di perangkat baru dan verifikasi nomor telepon Anda.
  3. Setelah proses verifikasi selesai, WhatsApp akan meminta Anda untuk mengembalikan chat dari backup.
  4. Pilih opsi “Restore” untuk mengembalikan chat dari backup yang tersimpan di Google Drive.

Penting untuk diingat bahwa proses pengembalian chat dari backup di Google Drive membutuhkan waktu dan koneksi internet yang stabil. Selain itu, pengguna harus menggunakan akun Google yang sama yang digunakan untuk membuat backup untuk dapat mengakses file backup di Google Drive.

Jika proses pengembalian chat dari backup di Google Drive gagal, pengguna dapat mencoba mengembalikan chat dari backup lokal atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WAMR atau Undeleter untuk mengembalikan chat yang terhapus secara manual. Namun, pengguna harus berhati-hati saat menggunakan aplikasi pihak ketiga dan pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan aman.

Tips untuk Mencegah Kehilangan Chat WhatsApp

Untuk mencegah kehilangan chat WhatsApp, ada beberapa tips yang dapat diikuti:

  1. Membuat backup secara berkalaPengguna dapat mengaktifkan fitur backup otomatis di WhatsApp untuk membuat backup chat secara berkala. Dengan cara ini, jika chat WhatsApp hilang atau terhapus, pengguna dapat dengan mudah mengembalikan chat dari backup yang sudah dibuat.
  2. Menyimpan backup ke lokasi yang amanPengguna harus selalu menyimpan backup chat WhatsApp ke lokasi yang aman, seperti Google Drive atau kartu SD eksternal. Dengan cara ini, jika perangkat hilang atau rusak, pengguna masih dapat mengembalikan chat dari backup yang sudah disimpan.
  3. Menggunakan fitur WhatsApp untuk mengirim chat ke emailPengguna juga dapat menggunakan fitur WhatsApp untuk mengirim chat ke email sebagai bentuk arsip chat. Caranya sangat mudah, pengguna hanya perlu membuka chat yang ingin diarsipkan, kemudian menekan ikon tiga titik di pojok kanan atas dan memilih opsi “More”, lalu pilih “Export Chat”. Selanjutnya, pengguna dapat memilih untuk mengirim chat ke email sebagai file teks.

Dengan mengikuti tips di atas, pengguna dapat mencegah kehilangan chat WhatsApp yang penting dan dengan mudah mengembalikan chat yang terhapus atau hilang. Selain itu, penting juga untuk selalu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru untuk memastikan fitur backup dan fitur lainnya berfungsi dengan baik.

Baca juga: Cara Mengganti Bahasa di WhatsApp untuk Diketahui

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Terhapus di Android - WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Dalam penggunaan sehari-hari, sangat mungkin terjadi bahwa pesan atau chat WhatsApp yang penting terhapus secara tidak sengaja.
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Terhapus di Android – WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Dalam penggunaan sehari-hari, sangat mungkin terjadi bahwa pesan atau chat WhatsApp yang penting terhapus secara tidak sengaja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *