Banner DLH 2024,d

Cara Mudah Mengirim Email dengan Lampiran di Gmail

waktu baca 4 menit
Cara Mudah Mengirim Email dengan Lampiran di Gmail - Apakah Anda sering mengirim email pada rekan kerja atau teman melalui Gmail namun belum pernah mencoba mengirim email dengan lampiran di aplikasi Android?

Cara Mudah Mengirim Email dengan Lampiran di Gmail – Apakah Anda sering mengirim email pada rekan kerja atau teman melalui Gmail namun belum pernah mencoba mengirim email dengan lampiran di aplikasi Android?

Dalam artikel ini, akan dijelaskan langkah-langkah mudah untuk mengirim email dengan lampiran di Gmail serta tips untuk memastikan email terkirim dengan sempurna.

  1. Buka aplikasi Gmail di perangkat Android dan klik tombol tulis email baru di pojok kanan bawah

Langkah pertama untuk mengirim email dengan lampiran melalui Gmail di aplikasi Android adalah dengan membuka aplikasi Gmail dan klik tombol tulis email baru di pojok kanan bawah. Tombol ini biasanya memiliki icon pen yang jelas untuk dilihat.

  1. Isi kolom “Kepada” dengan alamat email penerima, kolom “Judul” dengan judul email, dan kolom isi pesan dengan isi email

Setelah menekan tombol tulis email baru, layar akan mulai menampilkan kolom untuk diisi. Pertama, Anda perlu mengisi kolom “Kepada” dengan alamat email penerima. Pastikan untuk mengisinya dengan benar agar email terkirim dengan sempurna. Selanjutnya, isi kolom “Judul” dengan judul email dan isi kolom isi pesan email sesuai dengan tujuan email yang ingin Anda sampaikan.

  1. Untuk menambahkan lampiran, klik tombol lampiran di menu atas

Setelah kolom email terisi, selanjutnya Anda perlu menambahkan lampiran pada email yang ingin dikirim. Untuk melampirkan file, klik tombol lampiran di menu atas aplikasi Gmail. Dalam beberapa model smartphone atau aplikasi yang telah diperbarui, tombol lampiran dapat berada di bagian bawah.

  1. Pilih “Lampirkan file” dan pilih file yang ingin dikirim sebagai lampiran dari penyimpanan perangkat

Setelah klik tombol lampiran, menu baru akan muncul di layar smartphone. Klik “Lampirkan file” untuk menambahkan file pada email. Anda dapat mencari file dengan mengklik menu navigasi pada aplikasi atau langsung memilih folder yang berisi file yang ingin lampirkan pada email. Pastikan file yang ingin Anda lampirkan telah tersimpan di dalam penyimpanan perangkat Android Anda.

  1. Setelah memilih file, klik tombol “Kirim” untuk mengirim email dengan lampiran

Setelah file yang akan dilampirkan telah dipilih, kembali ke halaman email. Langkah selanjutnya adalah tekan tombol kirim yang terletak di sudut kanan atas untuk mengirim email dengan lampiran kepada penerima. Pastikan Anda telah memeriksa email dengan seksama sebelum menekan tombol kirim.

  1. Periksa status pengiriman email dengan membuka menu “Terkirim”

Setelah proses mengirim email dilakukan, Anda dapat memastikan keberhasilan pengiriman dengan memeriksa menu “Terkirim” pada aplikasi Gmail. Pada menu ini, Anda dapat melihat email yang telah dikirim beserta riwayat email yang telah dikirim sebelumnya.

Tips saat Mengirim Email di Gmail

Selain langkah-langkah dasar yang harus dilakukan saat mengirim email, beberapa tips perlu diperhatikan agar email terkirim dengan sukses dan terlihat lebih profesional. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat mengirim email di Gmail:

  1. Memastikan alamat email penerima diisi dengan benar untuk menghindari kesalahan pengiriman.
  2. Mengisi judul email agar terlihat lebih menarik dan memudahkan penerima memahami tujuan email.
  3. Memeriksa ukuran lampiran dan menggunakan cloud storage jika lampiran terlalu besar untuk dikirim id email.
  4. Menulis pesan di kolom isi email dengan jelas dan mudah dimengerti.

Kesimpulannya, mengirim email dengan lampiran di Gmail dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi resmi Gmail di Android. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan, yaitu membuka aplikasi Gmail, mengklik tombol tulis email baru, mengisi kolom email dengan benar, menambahkan lampiran, dan terakhir mengirim email.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti memastikan alamat email penerima diisi dengan benar dan menggunakan judul email yang menarik agar email terlihat lebih profesional. Setelah membaca panduan ini, sekarang Anda siap untuk mengirim email dengan lampiran melalui aplikasi Gmail di perangkat Android Anda.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Auto Forward di Gmail dan Manfaatnya

Cara Mudah Mengirim Email dengan Lampiran di Gmail - Apakah Anda sering mengirim email pada rekan kerja atau teman melalui Gmail namun belum pernah mencoba mengirim email dengan lampiran di aplikasi Android?
Cara Mudah Mengirim Email dengan Lampiran di Gmail – Apakah Anda sering mengirim email pada rekan kerja atau teman melalui Gmail namun belum pernah mencoba mengirim email dengan lampiran di aplikasi Android?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *