Banner kesbanpol2 2024

Cegah Penyimpangan Jual BBM, Disperindag – Sat Intelkam Polres Parigi Moutong Awasi SPBU

waktu baca 2 menit
Cegah Penyimpangan Jual BBM, Disperindag - Sat Intelkam Polres Parigi Moutong Awasi SPBU

Cegah Penyimpangan Jual BBM, Disperindag – Sat Intelkam Polres Parigi Moutong Awasi SPBU

Sulawesitoday – Dalam upaya mencegah potensi penyimpangan dalam penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng), bersama Satuan Intelijen dan Keamanan (Sat Intelkam) Polres Parigi Moutong, menggelar pengawasan dan pengecekan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) wilayah hukum Polres setempat.

Pengecekan Awal di SPBU Kampal

Pada Senin (1/4/2024), tim gabungan melakukan pengecekan di SPBU Kampal, Kecamatan Parigi. Kepala Bidang Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Parigi Moutong, Andi Salamun, menjelaskan bahwa tujuan pemeriksaan adalah untuk memastikan akurasi alat ukur BBM agar konsumen mendapatkan pelayanan yang tepat.

“Kami dari Disperidag bersama rekan-rekan dari Sat Intelkam Polres Parigi Moutong melakukan pengawasan terhadap alat ukur takar timbang khusus untuk SPBU,” kata Andi Salamun.

Kegiatan Bertahap dan Harapan

Andi Salamun menjelaskan bahwa kegiatan pengawasan ini akan dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari SPBU Toboli Kecamatan Parigi Utara, hingga Sausu. Dia menegaskan pentingnya tindakan preventif ini untuk memastikan ketersediaan stok BBM yang akurat menjelang arus mudik lebaran.

“Dengan adanya tindakan preventif ini, diharapkan masyarakat merasa lebih percaya dan nyaman saat melakukan transaksi di SPBU pada saat mudik lebaran,” ujar Andi Salamun.

Ancaman Sanksi Tegas

Sementara itu, Andi Salamun menegaskan bahwa jika ditemukan adanya kecurangan dari pihak pengelola SPBU, pemerintah akan memberikan sanksi penyegelan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Jika kami telah melakukan tindakan preventif seperti ini, kemudian pengelola SPBU ditemukan melakukan kecurangan, maka kami akan beri sanksi penyegelan sesuai aturan yang berlaku,” tandasnya.

Dengan demikian, langkah-langkah preventif yang diambil diharapkan dapat memastikan integritas dalam penyaluran BBM serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan SPBU selama periode mudik lebaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *