GIF-banner-2024

Dinkes Kota Palu Siapkan Posko Kesehatan Gratis untuk Pemudik Lebaran

waktu baca 2 menit
Foto: Petugas layanan pemeriksaan kesehatan gratis di tiga posko khusus bagi pemudik selama arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M. (Amirullah)

Dinkes Kota Palu Siapkan Posko Kesehatan Gratis untuk Pemudik Lebaran

Sulawesitoday – Dinas Kesehatan Kota Palu Sulawesi Tengah menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di tiga posko khusus bagi pemudik selama arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Dinkes Kota Palu, melalui Kepala Rochmat Jasin, menegaskan ketersediaan layanan di tiga posko, masing-masing berlokasi di Kelurahan Mamboro, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan I Gusti Ngurah Rai.

Posko-posko ini dipilih karena strategis, mencakup area perlintasan luar dan dalam kota.

Tenaga Kesehatan Siap 24 Jam

Dengan melibatkan 14 puskesmas dan satu tim PSC 119, Dinkes menjamin ketersediaan tenaga medis selama 24 jam. Setiap posko memiliki tim kesehatan beranggotakan empat tenaga medis dan satu sopir ambulans.

Selain pemeriksaan kesehatan rutin, posko juga menyediakan layanan pertolongan pertama pada kecelakaan dan rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan. Menurut Rochmat, layanan ini termasuk tindakan kritis seperti pemeriksaan tekanan darah dan penanganan medis darurat.

Pelayanan ini tersedia tujuh hari sebelum lebaran dan tujuh hari setelahnya. Rochmat menekankan pentingnya memanfaatkan layanan ini bagi pemudik, sebagai upaya mencegah risiko kecelakaan serta memberikan perlindungan kesehatan yang optimal.

Dukungan Terhadap Kelancaran Arus Mudik

Inisiatif ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik lebaran, serta memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *