GIF-banner-2024

Dirgahayu Provinsi Sulteng ke-60: Capaian dan Harapan Gubernur Rusdy Mastura

waktu baca 2 menit
Foto: Gubernur Rusdy Mastura dan wakil Gubernur Ma'mun Amin usai perayaan HUT Pemprov Sulteng ke 60. (Amirullah)

Dirgahayu Provinsi Sulteng ke-60: Capaian dan Harapan Gubernur Rusdy Mastura

Sulawesitoday – Hari Ulang Tahun ke-60 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) disambut dengan khidmat dalam upacara di Halaman Kantor Gubernur.

Gubernur Rusdy Mastura memimpin upacara yang dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat pada Rabu 17 April 2024.

Capaian Pembangunan

Gubernur Mastura menyoroti prestasi Sulawesi Tengah dalam tiga tahun terakhir. “Kami berhasil menurunkan kemiskinan dari 3,02% (2022) menjadi 1,44% (2023), serta mengurangi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 3,75% (2022) menjadi 2,95% (2023),” ujarnya.

Selain itu, terdapat peningkatan signifikan pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 71,01 (2022) menjadi 71,66 (2023). Pertumbuhan ekonomi mencapai 13,06%, di atas rata-rata nasional 5%, dengan realisasi investasi mencapai 111,98 triliun.

Perkembangan Lainnya

Gubernur juga mencatat penurunan angka stunting dari 29,7% (2021) menjadi 27,2% (2023). Selain itu, Sulawesi Tengah telah keluar dari status wilayah sangat tertinggal, dengan meraih predikat BB pada capaian Sakip.

Mengenai prospek ke depan, Gubernur Mastura menekankan pentingnya terus berinovasi. Terutama dengan penetapan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN), Sulawesi Tengah memiliki peran strategis sebagai daerah penunjang IKN.

“Saya berjuang agar Sulawesi Tengah menjadi daerah penyangga IKN,” ungkapnya.

Proyek Infrastruktur

Dalam rangka mempercepat pembangunan, beberapa proyek prioritas telah dilaksanakan antara tahun 2022 hingga 2024. Ini termasuk pengembangan kawasan nusantara, pembangunan infrastruktur pariwisata, dan rekonstruksi jalan di berbagai kabupaten.

Gubernur juga menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri, sambil berharap peringatan HUT Provinsi Sulteng ini meningkatkan semangat cinta dan kebanggaan terhadap daerah, serta memperkuat semangat kebersamaan dan kerjasama untuk pembangunan daerah.

Partisipasi Elemen Masyarakat

Acara ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh dan elemen masyarakat, termasuk Ketua TP PKK Vera Rompas Mastura, Ketua DPRD Provinsi Sulteng Nilam Sari Lawira, Wagub Ma’mun Amir, para bupati/walikota, dan tokoh agama dan masyarakat lainny.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *