Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir Arab dan Artinya

waktu baca 6 menit
Doa ini hanya terdiri dari 4 kata, tapi memiliki kekuatan yang luar biasa. Bacalah doa ini setiap kali Anda menghadapi kesulitan atau tantangan, dan lihatlah bagaimana Allah SWT memudahkan urusan Anda

Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir Arab dan Artinya

Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir adalah doa yang sering dibaca oleh umat Islam untuk memohon kemudahan dalam segala urusan. Doa ini berasal dari bahasa Arab, yang artinya adalah “Ya Allah, mudahkanlah dan janganlah Engkau persulit.”

Doa ini memiliki dua versi, yaitu versi singkat dan versi panjang. Versi singkatnya adalah sebagai berikut:

اللهم يسر ولا تعسر

Artinya:

Ya Allah, mudahkanlah dan janganlah Engkau persulit.

Versi panjangnya adalah sebagai berikut:

اللهم يسر لنا هذا الأمر وسهله واجعل المخرج منه رشدا

Artinya:

Ya Allah, mudahkanlah bagi kami urusan ini dan jadikan jalan keluarnya sebagai jalan yang benar.

Topik terkait

Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir dapat dibaca dalam berbagai kesempatan, baik dalam keadaan senang maupun susah. Doa ini sering dibaca ketika seseorang menghadapi kesulitan atau tantangan, baik dalam hal belajar, bekerja, maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Allahumma yassir wala tu Assir Quran surat apa?

Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir tidak disebutkan secara eksplisit dalam Al-Quran. Namun, doa ini terkandung dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila seseorang menghadapi suatu urusan, maka hendaklah ia membaca: ‘Ya Allah, mudahkanlah dan janganlah Engkau persulit.'” (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir ini juga sering dibaca oleh para sahabat Nabi SAW. Salah satunya adalah Umar bin Khattab RA. Ketika Umar RA akan melakukan perjalanan jauh, beliau selalu membaca doa ini agar perjalanannya dimudahkan oleh Allah SWT.

Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir ini merupakan doa yang sangat baik untuk dibaca dalam berbagai kesempatan. Doa ini dapat dibaca ketika kita menghadapi kesulitan atau tantangan, baik dalam hal belajar, bekerja, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini juga dapat dibaca ketika kita ingin berziarah ke Mekkah dan Madinah, agar perjalanan kita dimudahkan oleh Allah SWT.

Semoga dengan membaca doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir, kita dapat selalu memohon kemudahan kepada Allah SWT dalam segala urusan kita. Amin.

Keutamaan Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir

Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Menjadi sarana memohon kemudahan dari Allah SWT. Doa ini merupakan sarana untuk memohon kemudahan kepada Allah SWT dalam segala urusan kita. Ketika kita membaca doa ini, kita sedang memasrahkan diri kita kepada Allah SWT dan memohon kepada-Nya agar memberikan kemudahan kepada kita.
  • Dapat membantu seseorang untuk menghadapi kesulitan dan tantangan. Ketika kita menghadapi kesulitan atau tantangan, kita dapat membaca doa ini untuk memohon kepada Allah SWT agar memberikan kemudahan dan pertolongan kepada kita. Doa ini dapat memberikan kita kekuatan dan kesabaran untuk menghadapi kesulitan tersebut.
  • Menjadi bukti tawakkal dan kepasrahan seorang hamba kepada Allah SWT. Ketika kita membaca doa ini, kita sedang menunjukkan kepada Allah SWT bahwa kita bertawakkal dan pasrah kepada-Nya. Kita yakin bahwa Allah SWT akan memberikan kemudahan kepada kita, dan kita tidak akan berputus asa dalam menghadapi kesulitan.
  • Dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT. Ketika kita membaca doa ini dengan khusyuk dan penuh pengharapan, maka hal itu dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Kita akan semakin yakin bahwa Allah SWT adalah Maha Pengasih dan Maha Penyayang, dan bahwa Dia akan selalu memberikan kemudahan kepada hamba-hamba-Nya yang bertakwa.

Semoga dengan membaca doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir, kita dapat selalu memohon kemudahan kepada Allah SWT dalam segala urusan kita, dan semoga kita dapat menghadapi setiap kesulitan dan tantangan dengan kesabaran dan keikhlasan. Amin.

Kapan Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir Dibaca?

Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir dapat dibaca dalam berbagai kesempatan, baik dalam keadaan senang maupun susah. Berikut adalah beberapa contoh waktu di mana doa ini dapat dibaca:

  • Sebelum memulai suatu pekerjaan atau kegiatan. Doa ini dapat dibaca sebelum memulai suatu pekerjaan atau kegiatan, baik yang bersifat pribadi maupun profesional. Doa ini dapat membantu kita untuk memulai pekerjaan atau kegiatan tersebut dengan semangat dan motivasi, serta memohon kepada Allah SWT agar memberikan kemudahan dan kelancaran.
  • Ketika menghadapi kesulitan atau tantangan. Doa ini dapat dibaca ketika kita menghadapi kesulitan atau tantangan, baik dalam hal belajar, bekerja, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini dapat memberikan kita kekuatan dan kesabaran untuk menghadapi kesulitan tersebut, serta memohon kepada Allah SWT agar memberikan kemudahan dan pertolongan kepada kita.
  • Saat belajar atau mengerjakan tugas. Doa ini dapat dibaca saat belajar atau mengerjakan tugas, agar kita dapat memahami materi yang dipelajari dan menyelesaikan tugas tersebut dengan baik.
  • Saat menghadapi ujian atau tes. Doa ini dapat dibaca saat menghadapi ujian atau tes, agar kita dapat mengerjakan ujian atau tes tersebut dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan.
  • Saat menghadapi masalah atau musibah. Doa ini dapat dibaca saat menghadapi masalah atau musibah, agar kita dapat bersabar dan menghadapi masalah tersebut dengan tabah, serta memohon kepada Allah SWT agar memberikan solusi dan jalan keluar dari masalah tersebut.
  • Saat berdoa untuk orang lain. Doa ini juga dapat dibaca saat berdoa untuk orang lain, agar Allah SWT memudahkan urusan orang tersebut dan memberikan kemudahan dalam segala hal.

Allahumma Yassir Lana Ziarah Makkah Madinah

Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir juga sering dibaca oleh umat Islam yang ingin berziarah ke Mekkah dan Madinah. Doa ini dibaca dengan harapan agar Allah SWT memudahkan perjalanan mereka dan memberikan kelancaran dalam beribadah di kedua kota suci tersebut.

Berikut adalah contoh doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir untuk berziarah ke Mekkah dan Madinah:

اللهم يسر لنا زيارة مكة والمدينة، واجعلها حجا مبرورًا وسعيا مشكورًا.

Artinya:

Ya Allah, mudahkanlah bagi kami kunjungan ke Mekkah dan Madinah, dan jadikanlah itu sebagai ibadah haji yang diterima dan amal yang dibalas dengan pahala.

Doa Ingin Ke Mekkah Arab

Berikut adalah contoh doa untuk memohon agar bisa berziarah ke Mekkah dan Madinah:

اللهم اجعلني من الذين بلغوا زيارة مكة والمدينة، وارزقني الحج والعمرة.

Artinya:

Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang dapat mencapai kunjungan ke Mekkah dan Madinah, dan anugerahkan kepadaku haji dan umrah.

Doa Allahumma Ballighna Makkah wal Madinah

Berikut adalah contoh doa untuk memohon agar bisa sampai ke Mekkah dan Madinah:

اللهم بلّغنا مكة والمدينة، وتقبل منا الحج والعمرة.

Artinya:

Ya Allah, sampaikanlah kami ke Mekkah dan Madinah, dan terimalah ibadah haji dan umrah kami.

Doa Allahumma Yassir Wala Tu’assir adalah doa yang sangat bermanfaat bagi umat Islam. Doa ini dapat dibaca dalam berbagai kesempatan dan memiliki banyak keutamaan. Semoga kita semua dapat mengamalkan doa ini dengan khusyuk dan penuh pengharapan, agar Allah SWT senantiasa memudahkan segala urusan kita.

Baca juga: Kumpulan Doa Ziarah Kubur Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya

sulawesitoday - Doa Allahumma Yassir Wala Tu'assir Arab dan Artinya: Memohon Kemudahan dalam Segala Urusan
Doa ini hanya terdiri dari 4 kata, tapi memiliki kekuatan yang luar biasa. Bacalah doa ini setiap kali Anda menghadapi kesulitan atau tantangan, dan lihatlah bagaimana Allah SWT memudahkan urusan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *