GIF-banner-2024

Fitur share screen whatsApp tidak muncul di android: Ternyata ini penyebab dan solusinya

waktu baca 5 menit
Fitur Share Screen WhatsApp Tidak Muncul di Android: Penyebab dan Solusinya - Fitur share screen whatsApp tidak muncul di android: Ternyata ini penyebab dan solusinya

Fitur share screen whatsApp tidak muncul di android: Ternyata ini penyebab dan solusinya

Fitur share screen di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membagikan layar ponsel mereka selama panggilan video. Fitur ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti presentasi, berbagi layar game, atau mendemonstrasikan cara menggunakan aplikasi tertentu.

Pada bulan Mei 2023, WhatsApp mulai meluncurkan fitur share screen secara bertahap untuk pengguna Android dan iOS. Namun, beberapa pengguna Android mengeluhkan bahwa fitur ini tidak muncul di perangkat mereka.

Ada beberapa kemungkinan penyebab fitur share screen WhatsApp tidak muncul di Android. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Versi WhatsApp yang belum diperbarui. Fitur share screen WhatsApp hanya tersedia untuk pengguna WhatsApp versi 2.23.15.81 atau yang lebih baru. Jika Anda belum memperbarui WhatsApp ke versi terbaru, maka fitur ini tidak akan muncul. Untuk memeriksa versi WhatsApp Anda, buka aplikasi WhatsApp > ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas > pilih Tentang WhatsApp. Jika versi Anda belum diperbarui, maka Anda akan melihat tombol Perbarui.
  • Perangkat Android yang tidak kompatibel. Fitur share screen WhatsApp hanya tersedia untuk perangkat Android yang menjalankan Android 10 atau yang lebih baru. Jika perangkat Anda menjalankan Android versi lama, maka fitur ini tidak akan tersedia.
  • Konfigurasi perangkat yang tidak sesuai. Dalam beberapa kasus, fitur share screen WhatsApp tidak muncul karena konfigurasi perangkat yang tidak sesuai. Untuk memeriksa konfigurasi perangkat Anda, buka aplikasi WhatsApp > ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas > pilih Pengaturan > ketuk Akun > ketuk Privasi > ketuk Panggilan.

Pastikan opsi Bagikan layar diaktifkan. Jika opsi ini tidak diaktifkan, maka fitur share screen WhatsApp tidak akan muncul.

  • Gangguan dari aplikasi lain. Dalam beberapa kasus, fitur share screen WhatsApp tidak muncul karena gangguan dari aplikasi lain. Untuk memeriksa apakah ada aplikasi lain yang mengganggu, buka aplikasi Pengaturan > ketuk Aplikasi > ketuk aplikasi yang mungkin mengganggu > ketuk Kuasai > ketuk Batasi latar belakang. Jika Anda telah memeriksa semua kemungkinan penyebab di atas dan fitur share screen WhatsApp masih tidak muncul, maka Anda dapat mencoba solusi berikut:
  • Unduh ulang WhatsApp. Untuk menghapus WhatsApp, buka aplikasi Pengaturan > ketuk Aplikasi > ketuk WhatsApp > ketuk Hapus. Setelah WhatsApp dihapus, unduh ulang aplikasi dari Google Play Store.
  • Mulai ulang perangkat. Mulai ulang perangkat Anda untuk menghapus bug dan masalah lainnya.

Jika Anda telah mencoba semua solusi di atas dan fitur share screen WhatsApp masih tidak muncul, maka Anda dapat menghubungi dukungan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Berbagi Layar di WhatsApp dan Aplikasi Lainnya

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan yang populer di seluruh dunia. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur, termasuk panggilan video dan berbagi layar.

Berbagi layar di WhatsApp

Fitur berbagi layar di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membagikan tampilan layar perangkat mereka dengan lawan bicara saat melakukan panggilan video. Ini dapat digunakan untuk presentasi, berbagi game, atau hanya untuk menunjukkan sesuatu kepada seseorang.

Untuk mengaktifkan berbagi layar di WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Mulai panggilan video dengan orang yang ingin Anda bagikan layarnya.
  3. Ketuk ikon “Bagikan Layar” di bagian bawah layar.
  4. Pilih apakah Anda ingin membagikan seluruh layar atau hanya aplikasi tertentu.
  5. Ketuk “Mulai Sekarang”.

Layar perangkat Anda akan mulai ditampilkan di layar lawan bicara. Anda dapat mematikan berbagi layar kapan saja dengan mengetuk ikon “Bagikan Layar” lagi.

Aplikasi lain yang mendukung berbagi layar

Selain WhatsApp, ada banyak aplikasi lain yang mendukung berbagi layar. Beberapa aplikasi populer yang mendukung berbagi layar meliputi:

  • Zoom
  • Microsoft Teams
  • Google Meet
  • Skype
  • FaceTime
  • Google Duo
  • Facebook Messenger
  • Telegram

Screen mirroring

Screen mirroring adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mencerminkan tampilan layar perangkat Anda ke perangkat lain, seperti TV atau proyektor. Ini dapat digunakan untuk presentasi, menonton video, atau bermain game.

Untuk mengaktifkan screen mirroring, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan perangkat Anda dan perangkat penerima memiliki dukungan screen mirroring.
  2. Aktifkan screen mirroring pada perangkat penerima.
  3. Hubungkan perangkat Anda ke perangkat penerima menggunakan kabel atau Wi-Fi.
  4. Layar perangkat Anda akan mulai ditampilkan di perangkat penerima.

Berbagi langsung

Berbagi langsung adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk membagikan tampilan layar perangkat Anda dengan orang lain secara langsung. Ini dapat digunakan untuk streaming game, presentasi, atau hanya untuk menunjukkan sesuatu kepada seseorang.

Untuk mengaktifkan berbagi langsung, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan perangkat Anda memiliki dukungan berbagi langsung.
  2. Buka aplikasi yang mendukung berbagi langsung.
  3. Ketuk ikon “Bagikan Layar” atau “Mulai Berbagi Langsung”.
  4. Pilih apakah Anda ingin membagikan seluruh layar atau hanya aplikasi tertentu.
  5. Ketuk “Mulai”.

Layar perangkat Anda akan mulai ditampilkan secara langsung kepada orang lain. Anda dapat mematikan berbagi langsung kapan saja dengan mengetuk ikon “Berhenti”.

Kesimpulannya, fitur share screen WhatsApp adalah fitur yang berguna yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Jika Anda mengalami masalah dengan fitur ini, Anda dapat mencoba solusi-solusi di atas untuk mengatasinya.

Baca juga: Rahasia Terungkap: Cara Ampuh Membisukan Notifikasi Grup WhatsApp dan Kembali Memimpin Hidup Anda!

Fitur Share Screen WhatsApp Tidak Muncul di Android: Penyebab dan Solusinya - Fitur share screen whatsApp tidak muncul di android: Ternyata ini penyebab dan solusinya
Fitur Share Screen WhatsApp Tidak Muncul di Android: Penyebab dan Solusinya – Fitur share screen whatsApp tidak muncul di android: Ternyata ini penyebab dan solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *