Banner DLH 2024,d

Forum Penyusunan RKPD Kabupaten Parigi Moutong 2025: Membangun Kolaborasi untuk Kemajuan Daerah

waktu baca 2 menit
Foto: pelaksanaan Forum Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Parigi Moutong tahun 2025 yang di laksanakan di Aula Bappelitbangda Parigi Moutong, Selasa 26 Maret 2024. (Aswadin)

Forum Penyusunan RKPD Kabupaten Parigi Moutong 2025

Sulawesitoday – Guna menggarap agenda pembangunan yang tangguh, Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong menggelar Forum Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Parigi Moutong tahun 2025.

Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Bappelitbangda, Selasa 26 Maret 2024, bertujuan untuk mengkoordinasikan upaya pembangunan dalam skala prioritas.

Fokus Tematik: Kolaborasi untuk Peningkatan Kesejahteraan

Forum lintas perangkat daerah ini menyoroti berbagai aspek pembangunan, termasuk upaya penanggulangan kemiskinan, peningkatan ketahanan pangan, penurunan angka stunting, dan pengembangan kawasan.

Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Kesra Kabupaten Parigi Moutong, Mawardin, menjelaskan, “Kegiatan ini dilaksanakan secara lintas perangkat daerah dengan pembahasan tematik yang berfokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.”

Penyusunan RKPD: Langkah-Langkah Penting

Salah satu poin krusial dalam penyusunan RKPD adalah menyelaraskan program dan kegiatan dari berbagai perangkat daerah, mempertimbangkan masukan dari musrenbang desa dan kecamatan serta pokok-pokok pikiran DPRD.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian dengan prioritas daerah dan ketersediaan anggaran.

“Dalam pengusulan program/kegiatan, organisasi perangkat daerah agar tetap melihat kondisi dan dinamika yang berkembang dan kemudian dituangkan kedalam suatu kegiatan dengan konsep inovasi- inovasi pelayanan yang lebih baik,” tambah Mawardin.

Kolaborasi dan Partisipasi Aktif

Kepala Bidang Dalfas dan Perencanaan Makro, Iqbal Karim, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan serangkaian mekanisme, termasuk pemaparan materi, diskusi, tanggapan, dan pemutusan hasil diskusi.

Peserta yang hadir termasuk staf ahli, anggota DPRD, kepala organisasi perangkat daerah, camat, serta pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Mawardin menekankan pentingnya identifikasi dan seleksi yang cermat terhadap usulan pembangunan.

“Harapan saya melalui sumbangsih saran dan masukan dari segenap pemangku kepentingan, yang dilandasi dengan itikad dan semangat yang baik, maka RKPD dan Renja perangkat daerah tahun 2025 berdampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Parigi Moutong,” ujarnya.

Forum ini menjadi momentum penting bagi kabupaten ini untuk bersama-sama menggarap agenda pembangunan yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *