Banner kesbanpol2 2024

Gelar Operasi Keselamatan Tinombala 2024, Kapolda Sulteng Ingatkan Pentingnya Disiplin Berlalu Lintas

waktu baca 2 menit

Gelar Operasi Keselamatan Tinombala 2024, Kapolda Sulteng Ingatkan Pentingnya Disiplin Berlalu Lintas

Sulawesitoday – Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali menggelar Operasi Keselamatan Tinombala 2024. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, dimulai pada tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024.

Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Tinombala 2024 dan Pencanangan Keselamatan Berlalu Lintas digelar hari ini di Lapangan Apel Polda Sulteng. Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, dalam amanat Kapolda Sulteng menyatakan, “Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran lalu lintas merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat sebagai pengguna jalan raya.”

Kapolda juga menyoroti tingginya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kelalaian masyarakat dan rendahnya pemahaman terhadap regulasi lalu lintas. “Untuk menjawab tantangan tersebut, Polri terus melakukan upaya peningkatan keselamatan berlalu lintas dengan modernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan,” ujarnya.

Data yang diungkapkan Kapolda Sulteng menunjukkan peningkatan kasus pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dari tahun ke tahun. Tahun 2023 tercatat sebanyak 31.541 kasus pelanggaran lalu lintas dan 1.162 kasus kecelakaan lalu lintas, meningkat 43 persen dan 2 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dirlantas Polda Sulteng, Kombes Pol. Dodi Darjanto, menjelaskan bahwa Operasi Keselamatan Tinombala 2024 akan fokus pada kegiatan preemtif, preventif, dan penindakan pelanggaran lalu lintas. Operasi ini juga akan menggunakan tilang elektronik (ETLE) dan blangko teguran sebagai langkah penegakan hukum.

“Dengan tema ‘Keselamatan Berlalu Lintas guna terwujudnya Indonesia Maju’, operasi ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” kata Dodi. Operasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan membentuk opini positif tentang ketertiban berlalu lintas di Provinsi Sulteng.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Tinombala 2024 turut dihadiri oleh unsur forkopimda, pejabat utama Polda Sulteng, dan pasukan apel dari unsur TNI, Kepolisian, Jasa Raharja, Organisasi transportasi online, Mahasiswa, dan para pelajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *