GIF-banner-2024

Gubernur sebut Sulteng siap jadi penopang IKN, Ini persiapannya

waktu baca 2 menit
Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura saat Kunker di Parigi Moutong, Minggu 28 Januari 2024. Foto: Diskominfo Parimo

Sulawesitoday – Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura, dalam kunjungan kerja di Kabupaten Parigi Moutong, menyatakan kesiapan provinsi itu untuk menjadi daerah penopang atau penyokong Implementasi Kawasan Ekonomi Khusus atau IKN.

Kunjungan ini dilakukan pada Minggu 28 Januari 2024 di Halaman Ponpes Alkhairaat Kecamatan Moutong.

Rusdy Mastura memaparkan beberapa persiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sebagai bagian dari upaya menjadi penopang IKN yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Salah satu agenda penting yang dilakukan dalam kunjungan tersebut adalah penanaman perdana cabe dan jagung, sebagai langkah nyata dalam mengendalikan inflasi pangan, sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia dalam rapat kerja Nasional pengendalian inflasi.

Selain itu, peresmian peningkatan jalan dan jembatan Tuladengi Pantai serta peresmian SMP Negeri 2 Taopa juga menjadi bagian dari agenda kunjungan kerja tersebut.

Penjabat Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, menyambut kedatangan Gubernur Rusdy Mastura dan rombongan dengan ucapan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan kepada Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah memulai aktivitas persiapan untuk mendukung implementasi IKN tahun 2024.

Persiapan tersebut meliputi sektor transportasi, pertanian, pertambangan, dan pariwisata.

Menurutnya, langkah strategis ini merupakan bagian dari upaya tim pengendalian inflasi daerah untuk menekan angka inflasi dengan menjaga ketahanan pangan dan mengatur keseimbangan suplai bahan makanan.

“Gerakan tanam cabai dan jagung merupakan salah satu program nasional pengendalian inflasi pangan yang merupakan tindak lanjut dari arahan bapak Presiden Republik Indonesia dalam rapat kerja Nasional pengendalian inflasi,” ujar Gubernur Rusdy Mastura.

Kunjungan kerja ini juga diisi dengan penyerahan bantuan sosial dan silaturahmi bersama pengurus cabang Alkhairaat dan tokoh masyarakat di Kecamatan Moutong, serta peresmian agro wisata durian.

Gubernur berharap bahwa kunjungan ini, yang merupakan yang pertama kali dilakukan di luar Kota Palu dengan rombongan besar, dapat membangun sistem pelayanan yang sinergi antara pemerintah provinsi dan daerah dalam mendukung pembangunan Sulteng sebagai penopang IKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *