Banner DLH 2024,d

Hadiri Rakorgub 2024, Gubernur Rusdy Mastura: “Capaian Luar Biasa Sulawesi Tengah Harus Dipertahankan

waktu baca 2 menit
Hadiri Rakorgub 2024, Gubernur Rusdy Mastura: "Capaian Luar Biasa Sulawesi Tengah Harus Dipertahankan

Hadiri Rakorgub 2024, Gubernur Rusdy Mastura: “Capaian Luar Biasa Sulawesi Tengah Harus Dipertahankan

Sulawesitoday– Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura menghadiri Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) 2024, yang dipimpin oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa. Rakorgub tersebut merupakan forum penting bagi gubernur dari seluruh Indonesia, yang bertujuan untuk mengkoordinasikan pembangunan nasional. Kegiatan ini berlangsung di Hotel The Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, pada Selasa (2/4/2024).

Prestasi Sulawesi Tengah

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Rusdy Mastura memaparkan sejumlah prestasi yang telah dicapai dalam masa jabatannya selama 2,5 tahun bersama Wakil Gubernur Ma’mun Amir dan jajaran perangkat daerah. Di antaranya, berhasil menurunkan tingkat kemiskinan ekstrim dari 3,02 persen (2022) menjadi 1,44 persen (2023), serta menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 3,75 persen (2022) menjadi 2,95 persen (2023). Selain itu, terjadi peningkatan signifikan pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 71,01 (2022) menjadi 71,66 (2023), serta pertumbuhan ekonomi yang mencapai 13,06 persen, melampaui rata-rata nasional yang hanya 5 persen.

Progress Ekonomi yang Baik”

Gubernur Rusdy Mastura menyatakan, “Progress pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah ini sangat baik dan harus terus ditingkatkan serta dijaga kestabilannya.” Beliau juga menekankan bahwa pencapaian tersebut tidak terlepas dari kerjasama semua stakeholder, termasuk para pelaku usaha/perusahaan yang turut membuka lapangan kerja bagi masyarakat Sulawesi Tengah.

Dukungan Pemerintah Pusat”

Dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, gubernur mengakui telah melaksanakan program Digitalisasi Desa (Smart Village) di 100 desa di Sulawesi Tengah. Untuk mendukung program tersebut, Gubernur Rusdy Mastura meminta dukungan dari Menteri PPN/Kepala Bappenas agar hal tersebut menjadi perhatian pemerintah pusat dan dapat diatur melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia.

Mendorong Pembangunan IKN”

Selain itu, gubernur juga menekankan pentingnya mensukseskan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN). Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus melakukan pembangunan di berbagai sektor untuk menjadi daerah penyangga/penopang IKN di Kalimantan. Beliau berharap agar Menteri PPN/Kepala Bappenas dapat segera mendorong pengesahan rancangan Peraturan Presiden tentang Rencana Induk Percepatan Pembangunan Ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah berbasis Klaster Perwilayahan.

Turut mendampingi gubernur dalam acara tersebut adalah Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Plt. Kadis Perkebunan dan Peternakan Rohani Mastura, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rudi Dewanto, Kepala Bappeda Christina Sandra Tobondo, serta Karo Hukum Adiman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *