GIF-banner-2024

Harga Daging Sapi Parimo Beragam Saat H-1 Lebaran 2024

waktu baca 2 menit
Foto: Pedagang sapi eceran di Pasar Sentral Parigi, menjelang H-1 Lebaran 2024. (Muhammad Aqil Azizi)

Harga Daging Sapi Parimo Beragam Saat H-1 Lebaran 2024

Sulawesitoday – Harga daging sapi di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, menjelang H-1 Lebaran 2024 bervariasi, dengan kisaran antara Rp 130 hingga Rp 150 ribu per kilogram.

Pantauan di Pasar Sentral Parigi, Selasa (9/4/2024), menunjukkan variasi harga tersebut. Ilham, salah satu pedagang, mengungkapkan bahwa harga tergantung pada harga beli dari peternak.

“Kalau dibeli murah, harga jual juga murah begitupun sebaliknya,” ujar Ilham.

Harga jual daging sapi di Parigi berkisar antara Rp 130 hingga Rp 150 ribu per kilogram, meskipun harga seharusnya stabil di Rp 140 ribu per kilogram.

Penyebab Variasi Harga

Ilham menjelaskan bahwa situasi pasar yang sepi mendorong beberapa pedagang untuk menjual di bawah harga kesepakatan, mencapai kisaran Rp 135 hingga Rp 130 ribu per kilogram.

Kenaikan harga sapi disebabkan oleh faktor pakan yang mahal dan biaya lainnya. Meski begitu, dengan harga jual Rp 140 ribu per kilogram, para pedagang masih bisa mendapat keuntungan.

Meskipun beberapa pedagang mencari keuntungan sendiri, sebagian besar tetap mempertahankan harga jual di Rp 140 ribu per kilogram.

Harga Daging Ayam Juga Meningkat

Selain itu, harga daging ayam juga mengalami kenaikan yang signifikan, dengan harga mencapai Rp 100 ribu per ekor untuk ukuran jumbo.

Natu, pedagang ayam potong, mengungkapkan bahwa harga ayam sedang dijual mulai dari Rp 60 hingga Rp 65 ribu per ekor.

Dengan variasi harga ini, masyarakat di Parimo diharapkan dapat mempersiapkan belanja Lebaran dengan lebih cermat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *