Banner DLH 2024,d

Harmonisasi Ekonomi Hijau dan Biru: Parigi Moutong Menuju Pembangunan Berkelanjutan”

waktu baca 1 menit
Harmonisasi Ekonomi Hijau dan Biru: Parigi Moutong Menuju Pembangunan Berkelanjutan"

Harmonisasi Ekonomi Hijau dan Biru: Parigi Moutong Menuju Pembangunan Berkelanjutan”

Sulawesitoday – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, memandang pentingnya integrasi pengelolaan kawasan darat dan laut sebagai fondasi utama untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Dalam sebuah lokakarya yang diadakan di Parigi pada Kamis, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Parigi Moutong, Andrudin Nur, menegaskan bahwa harmonisasi ini menjadi kunci dalam mengoptimalkan sektor unggulan darat dan laut, seperti pertanian, kelautan, dan perikanan, untuk meningkatkan ekonomi daerah.

Menurut Nur, dengan memiliki garis pantai sepanjang 472 kilometer, sebagian besar belum terkelola, Parigi Moutong memiliki potensi besar untuk pengembangan maritim yang dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Namun, untuk mencapai hal ini, diperlukan perencanaan yang matang dengan memperhatikan prinsip-prinsip ekonomi hijau dan biru, serta memperhatikan aspek lingkungan yang termaktub dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Parigi Moutong.

Lebih lanjut, pengelolaan darat dan laut yang terintegrasi diarahkan pada pengembangan berbasis agrobisnis, perikanan, dan pariwisata guna meningkatkan daya saing daerah, sambil tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan mitigasi bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *