GIF-banner-2024

Kemenkumham Sulteng Kaji Maturitas SPIP: Langkah Penting Menuju Peningkatan

waktu baca 2 menit
Foto: Rapat virtual peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) melalui Penilaian Mandiri Terintegrasi, Kemenkumham Sulteng. (Amirullah)

Kemenkumham Sulteng Kaji Maturitas SPIP

Sulawesitoday – Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) menegaskan komitmennya dalam meningkatkan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) melalui Penilaian Mandiri Terintegrasi.

Dalam kegiatan yang berlangsung secara virtual, tujuan utamanya adalah menilai kematangan SPIP serta memberikan saran untuk peningkatan.

Langkah Konkrit Menuju Kualitas

Dalam acara tersebut, sejumlah pejabat penting hadir, termasuk Kadiv Administrasi, Raymond J.H Takasenseran, dan Kabag Program dan Humas, Muh. Said.

Kegiatan ini bukan hanya sebatas penilaian, namun juga menyoroti implementasi SPIP di lingkungan Kemenkumham, yang berpotensi memengaruhi sektor lainnya seperti LKJiP, LAKIP, dan Reformasi Birokrasi Kemenkumham.

Hasil dan Output yang Signifikan

Berbagai hasil dihasilkan dari kegiatan ini, termasuk dokumen penilaian mandiri struktur dan proses unit eselon I, struktur dan proses kantor wilayah, serta struktur dan proses unit pelaksana teknis. Tidak hanya itu, nilai maturitas SPIP Kementerian Hukum dan HAM tahun 2024 serta laporan hasil penilaian mandiri maturitas SPIP juga telah diperoleh.

Kegiatan berlangsung mulai Senin hingga Jumat, tanggal 22 hingga 26 April 2024, di Hotel Ciputra, Jakarta Barat.

Narasumber eksternal dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) turut memberikan kontribusi dengan menyajikan materi dalam kegiatan ini.

Komitmen untuk Peningkatan

Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menekankan pentingnya langkah ini sebagai upaya meningkatkan maturitas SPIP di wilayahnya.

“Melalui penilaian ini, kita dapat mengetahui kekurangan dan kelemahan dalam penyelenggaraan SPIP, sehingga dapat dilakukan perbaikan dan peningkatan,” ujar Hermansyah, menegaskan pentingnya dukungan serta komitmen dari seluruh pihak dalam mendukung SPIP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *