Kenapa jejak Kaum Ad mengemuka lewat raksasa besar di Inggris?

waktu baca 2 menit
Jejak Kaum Ad di Inggris Terkuak. FOTO: tangkap layar IFL

Sulawesitoday – Sebuah misteri yang telah membingungkan sejarawan dan arkeolog selama berabad-abad, raksasa Cerne Abbas yang menggambarkan sosok bertubuh besar dan kuat dengan tongkat, ternyata memiliki akar yang lebih dalam dalam sejarah Inggris daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Para arkeolog dari University of Bradford telah mengungkap fakta mengejutkan melalui penelitian terbaru mereka, menggunakan teknologi laser canggih untuk menyelidiki asal-usul raksasa tersebut.

Hasil penelitian, yang dirilis pada Kamis 4  Januari 2024, menunjukkan bahwa raksasa itu kemungkinan besar dibuat pada abad ke-11 atau ke-12, jauh lebih tua daripada perkiraan sebelumnya.

Dr. Martin Biddle, salah satu peneliti utama, menjelaskan bahwa raksasa Cerne Abbas memiliki kemiripan yang kuat dengan figur-figur pagan dari periode tersebut.

“Patung-patung pagan pada masa itu sering menggambarkan sosok-sosok yang mengenakan tongkat, dan raksasa ini sepertinya diciptakan sebagai simbol pagan,” ungkapnya.

Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang sejarah dan budaya Inggris, membuktikan bahwa raksasa Cerne Abbas bukan hanya sekadar monumen batu, melainkan karya seni yang penting yang telah ada selama berabad-abad.

Beberapa kemungkinan asal-usul raksasa Cerne Abbas juga diungkapkan oleh para peneliti. Pertama, kemungkinan besar raksasa itu dibuat sebagai simbol pagan.

Figur-figur pagan pada masa itu sering kali menggambarkan sosok bertelanjang dada dengan tongkat, dan raksasa ini tampaknya sejalan dengan representasi tersebut.

Selain itu, ada spekulasi bahwa raksasa Cerne Abbas mungkin menggambarkan dewa Hercules dari mitologi Yunani-Romawi.

Hercules sering digambarkan sebagai pria telanjang dada dengan tongkat, dan kesamaan ini menambah lapisan misteri pada sejarah raksasa tersebut.

Topik terkait

Terakhir, ada kemungkinan bahwa raksasa ini merupakan representasi dari pahlawan lokal yang populer pada masa itu. Meskipun tidak ada catatan sejarah yang menyebutkan pahlawan semacam itu, tetapi para peneliti menyatakan bahwa hal ini merupakan kemungkinan yang tidak dapat diabaikan.

Meski penemuan ini memberikan sejumlah jawaban, para ahli sepakat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya mengungkap misteri di balik raksasa Cerne Abbas.

Sebuah babak baru dalam sejarah Inggris telah terbuka, membawa pemahaman yang lebih mendalam tentang peradaban dan seni yang pernah ada di wilayah tersebut.

Baca juga:Kenapa sidik jari tiap orang berbeda? Cari disini jawabannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *