GIF-banner-2024

KN SAR Bhisma Dikerahkan Basarnas Palu untuk Siaga SAR Lebaran

waktu baca 2 menit
Foto: Kapal Negara (KN) SAR Bhisma 239 disiagakan untuk layanan Pencarian dan Pertolongan (SAR) Lebaran 2024. (Amirullah).

KN SAR Bhisma Dikerahkan Basarnas Palu untuk Siaga SAR Lebaran

Sulawesitoday – Basarnas Palu mengoptimalkan kesiapan layanan Pencarian dan Pertolongan (SAR) Lebaran 2024 dengan melibatkan Kapal Negara (KN) SAR Bhisma 239. Armada ini dikerahkan guna memperkuat deteksi dan respons cepat terhadap potensi insiden di perairan sekitar.

KN SAR Bhisma 239, yang berbasis di Pelabuhan Luwuk, menjangkau wilayah strategis, mencakup Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, dan Teluk Tomini. Armada ini, yang dilengkapi dengan 12 awak kapal, bertanggung jawab atas patroli, pencarian, dan pertolongan dalam kasus kecelakaan pelayaran.

Menurut Kepala Subseksi Operasi Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan (Kansar) Palu, Rusmadi, “Semua sarana dan prasarana penunjang kegiatan SAR kami siagakan sebagai bentuk pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan.”

Fokus Layanan dan Imbauan Keselamatan

Rusmadi menekankan pentingnya pengawasan terhadap objek vital seperti Pelabuhan Luwuk, terutama saat arus mudik Lebaran yang tinggi. Selain itu, ia juga mengimbau penyedia jasa transportasi laut, khususnya kapal tradisional, untuk memperhatikan sistem keselamatan pelayaran serta memastikan tidak melebihi kapasitas muatan.

Layanan Siaga SAR Lebaran

Layanan siaga SAR Lebaran melibatkan total 86 personel, yang tersebar di Kansar Palu, Pos SAR, dan Unit Siaga SAR. Rusmadi menegaskan, “Kami mengupayakan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga yang melaksanakan mudik.”

Fokus dan Wilayah Layanan

Selain objek vital seperti pelabuhan, bandara, dan terminal bus, layanan siaga SAR Lebaran juga difokuskan pada objek wisata, tempat keramaian, dan Jalan Trans Sulawesi. Kansar Palu juga memiliki unit penunjang, seperti Pos SAR Parigi dan pos SAR Luwuk, yang menjangkau wilayah operasi yang luas, termasuk 13 kabupaten/kota di Sulawesi Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *