GIF-banner-2024

KPU Parimo Sampaikan Hasil Audit Dana Kampanye Pemilu 2024

waktu baca 2 menit
Foto: KPU Parigi Moutong menyerahkan dokumen hasil audit laporan dana kampanye kepada Partai Politik (Parpol) yang berpartisipasi dalam Pemilu 2024. (Aswadin)

KPU Parimo Sampaikan Hasil Audit Dana Kampanye Pemilu 2024

Sulawesitoday – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), menggelar seremoni penyerahan dokumen hasil audit laporan dana kampanye kepada Partai Politik (Parpol) yang berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

Menurut Ketua KPU Parimo, Ariyana, kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 18 tahun 2023 terkait penyampaian laporan hasil audit dana kampanye untuk peserta Pemilu 2024.

Ariyana menyatakan, “Kami telah menyerahkan laporan hasil audit dana kampanye kepada semua Parpol peserta Pemilu di daerah itu.”

Namun demikian, Ariyana menegaskan bahwa Partai Garuda tidak menerima laporan tersebut, karena bukan merupakan peserta Pemilu di Kabupaten Parigi Moutong.

“Tadi kami sudah serahkan laporan hasil auditnya ke semua Parpol peserta Pemilu, kecuali Partai Garuda. Karena, Partai Garuda bukan peserta Pemilu di Kabupaten Parigi Moutong,” ujarnya.

Proses audit laporan dana kampanye, lanjut Ariyana, telah dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditunjuk langsung oleh KPU. “Hasil audit laporan dana kampanye kita kelola langsung oleh Kantor Akuntan Publik yang ditunjuk oleh KPU,” jelasnya.

Dalam proses penilaian hasil audit tersebut, terdapat dua keterangan, yaitu patuh dan tidak patuh. “Untuk mengetahui apakah patuh atau tidak, kita dapat membuka link yang telah kami bagikan. Sehingga, dapat diketahui mana yang patuh dan tidak patuh,” tambahnya.

Lebih lanjut, setelah penyerahan dokumen hasil audit dana kampanye, KPU akan melanjutkan tahapan selanjutnya, yaitu penetapan calon anggota DPRD terpilih. “Untuk penetapannya, kami masih menunggu arahan dari KPU RI,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *