Banner kesbanpol2 2024

Laporan Keuangan Parigi Moutong Tahun 2022 Terima WTP

waktu baca 2 menit

Laporan Keuangan Parigi Moutong Terima Opini WTP dari BPK Sulawesi Tengah – Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2022, kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Tengah, Binsar Karyanto mengatakan, bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan seluruh Kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Tengah, banyak hal yang masih menjadi masalah seperti kelemahan dalam pengelolaan pendapatan khusus pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan atau MBLB.

Binsar meminta kepada seluruh Kepala daerah di Sulawesi Tengah untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK dengan berpedoman pada Pasal 20 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara. Pasal ini mengamanatkan bahwa pejabat wajib menindaklanjuti rekomendasi laporan hasil pemeriksaan. Terlebih Kepala daerah, diminta untuk menjawab atau menjelaskan permasalahan yang ditemukan, selambat-lambatnya dalam waktu 60 hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima.

“BPK berharap hasil pemeriksaan dapat mendorong dan memotivasi Pemerintah Kabupaten untuk terus memperbaiki pelaksanaan pengelolaan dan pertanggungjawaban sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Binsar, belum lama ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai usai menerima hasil Pemeriksaan LHP Kabupaten Parigi Moutong dengan hasil WTP Tahun 2022 tersebut dari Kepala BPK Perwakilan Palu menyatakan rasa syukurnya, karena Kabupaten Parigi Moutong Kembali berhasil meraih WTP untuk kelima kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2018 silam. Meskipun masih terdapat sedikit kendala.

“Ini merupakan suatu prestasi yang patut dibanggakan dalam hal pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Parigi Moutong.

Tidak hanya itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Parigi Moutong, Adrudin Nur turut menyampaikan terima kasih kepada BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah atas opini yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong. Pihaknya berharap, semua kendala yang terjadi selalu diupayakan dapat diperbaiki bersama-sama.

“Agar semua pihak terkait dapat memegang komitmen untuk mempertahankan hasil ini meskipun masih ada yang perlu dibenahi,” harapnya.

Laporan Keuangan Parigi Moutong Tahun 2022 Terima WTP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *