GIF-banner-2024

Membalas Pesan Otomatis Tanpa Whatsapp Business

waktu baca 5 menit
Membalas Pesan Otomatis Tanpa Whatsapp BusinessAnda mungkin sudah tahu bahwa fitur autoreply atau membalas pesan secara otomatis di WhatsApp umumnya hanya tersedia dalam versi WhatsApp Business, yang dirancang khusus untuk pemilik usaha. Namun, ada kabar baik untuk pengguna WhatsApp reguler!

Membalas Pesan Otomatis Tanpa Whatsapp Business

Anda mungkin sudah tahu bahwa fitur autoreply atau membalas pesan secara otomatis di WhatsApp umumnya hanya tersedia dalam versi WhatsApp Business, yang dirancang khusus untuk pemilik usaha. Namun, ada kabar baik untuk pengguna WhatsApp reguler!

Anda sebenarnya bisa membuat sistem mirip chatbot yang memungkinkan Anda untuk membalas pesan secara otomatis, tanpa perlu membuka aplikasi WhatsApp. Bagaimana caranya? Ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store.

Di antara banyak aplikasi yang tersedia, KompasTekno merekomendasikan aplikasi Auto Reply buatan PransuInc. Aplikasi ini menonjol karena menyediakan beragam fitur yang lengkap dan, yang terbaik, dapat digunakan secara gratis. Jadi, bagaimana Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat pesan balasan otomatis?

Cara Membuat Pesan Balasan Otomatis:

Unduh Aplikasi Auto Reply:

Pertama-tama, unduh dan instal aplikasi Auto Reply dari Google Play Store melalui tautan yang disediakan. Setelah terpasang, buka aplikasi dan berikan izin untuk membaca notifikasi yang masuk ke WhatsApp.

Mulai Membuat Chatbot:

Setelah beberapa saat, Anda akan melihat antarmuka utama aplikasi Auto Reply. Di sini, klik ikon “+” yang terletak di tengah bawah layar untuk memulai proses pembuatan chatbot.

Pilih Jenis WhatsApp:

Selanjutnya, pilih jenis WhatsApp yang Anda gunakan, apakah WhatsApp reguler (WA Official) atau WhatsApp Business.

Tentukan Kata Kunci atau Pesan Pemicu:

Tuliskan kata kunci atau pesan yang akan memicu balasan otomatis. Misalnya, Anda dapat menentukan kata kunci “*”, dan memilih opsi “All” untuk merespons semua pesan yang masuk secara otomatis. Atau, Anda dapat memilih kata kunci spesifik, seperti “Halo”, dan memilih opsi “Exact match” untuk hanya merespons pesan yang mengandung kata tersebut.

Buat Isi Balasan Otomatis:

Setelah menentukan kata kunci, Anda dapat membuat isi balasan otomatis sesuai dengan preferensi Anda. Ini bisa berupa pesan formal jika nomor WhatsApp Anda digunakan untuk bisnis, atau pesan yang lebih santai jika nomor WhatsApp Anda digunakan untuk berkomunikasi dengan teman. Misalnya, Anda bisa menulis pesan seperti “Maaf, responnya agak lambat. Pesan akan segera dibalas begitu saya online lagi.”

Simpan dan Aktifkan:

Setelah menyelesaikan isi pesan, klik ikon “centang” yang terletak di bagian bawah kanan aplikasi.

Sekarang, balasan otomatis yang telah Anda buat akan muncul di halaman utama Auto Reply. Anda dapat mematikannya dengan mengklik pesan tersebut hingga tab berwarna merah jika Anda ingin menonaktifkannya. Jika Anda ingin menambahkan balasan otomatis lain, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas.

Mengaktifkan dan Menggunakan Balasan Otomatis:

Untuk memastikan bahwa balasan otomatis yang telah Anda buat akan dikirimkan kepada pengirim pesan, pastikan Anda mengaktifkan toggle Auto Reply yang terletak di bagian kanan atas aplikasi. Selain itu, pastikan aplikasi Auto Reply tetap berjalan di latar belakang ponsel Anda.

Kesimpulan:

Dengan bantuan aplikasi Auto Reply, Anda dapat membuat balasan pesan otomatis di WhatsApp tanpa perlu menggunakan WhatsApp Business. Ini bisa sangat membantu untuk menjawab pesan secara otomatis, terutama saat Anda tidak dapat merespons secara langsung. Namun, pastikan untuk menggunakan fitur ini dengan bijak dan etis, dan pastikan Anda selalu aktifkan aplikasi Auto Reply di latar belakang ponsel Anda. Selamat mencoba dan nikmati pengalaman berkomunikasi yang lebih efisien di WhatsApp!

Apa Itu Balasan Otomatis di WhatsApp?

Penjelasan Balasan Otomatis: Balasan otomatis adalah fitur yang memungkinkan Anda mengirim pesan otomatis ke pengirim pesan saat Anda tidak dapat menjawab secara langsung. Ini berguna untuk memberi tahu orang bahwa Anda sedang sibuk atau tidak dapat dihubungi.

Bagaimana Cara Menyusun Pesan Balasan Otomatis di WhatsApp?

Langkah-langkah Menyusun Pesan Balasan Otomatis: Untuk menyusun pesan otomatis, buka WhatsApp, lalu pergi ke Pengaturan > Pesan > Balasan Otomatis. Di sini, Anda bisa menentukan pesan otomatis dan kapan pesan ini akan dikirim.

Mengapa Pesan Otomatis Saya Tidak Bekerja di WhatsApp?

Penyebab Pesan Otomatis Tidak Bekerja: Pesan otomatis mungkin tidak berfungsi jika Anda tidak mengaturnya dengan benar atau jika tidak ada koneksi internet yang memadai.

Cara Mengatur Pesan Balasan Otomatis untuk Kontak Pribadi di WhatsApp

Mengatur Balasan Otomatis untuk Kontak Pribadi: Anda dapat mengatur balasan otomatis untuk kontak pribadi dengan menambahkan kontak ke daftar Anda dan kemudian mengatur pesan otomatis yang ingin dikirim kepada mereka.

Bagaimana Cara Membuat Pesan Otomatis yang Tidak Terbatas di WhatsApp?

Membuat Pesan Otomatis yang Tidak Terbatas: Untuk pesan otomatis yang tidak terbatas, Anda bisa menggunakan pesan dengan kata-kata umum yang cocok untuk berbagai situasi.

Bagaimana Cara Menggunakan Pesan Otomatis untuk Liburan atau Out of Office di WhatsApp?

Pesan Otomatis untuk Liburan atau Out of Office: Untuk liburan atau saat sedang tidak bekerja, Anda bisa menyesuaikan pesan otomatis dengan informasi tentang liburan atau waktu out of office Anda.

Apakah Bisa Mengatur Jadwal Pesan Otomatis di WhatsApp?

Mengatur Jadwal Pesan Otomatis: Sayangnya, WhatsApp tidak menyediakan fitur untuk mengatur jadwal pesan otomatis. Namun, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya secara manual.

Risiko dan Etika Menggunakan Pesan Balasan Otomatis di WhatsApp

Risiko dan Etika: Penting untuk menggunakan pesan otomatis dengan etika. Pastikan pesan tersebut informatif dan sesuai dengan situasi. Gunakan fitur ini dengan bijak untuk menghindari penyalahgunaan.

Panduan untuk Mengelola Balasan Otomatis di WhatsApp

Panduan Mengelola Balasan Otomatis: Selalu perbarui pesan otomatis Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda mengaktifkannya saat memang benar-benar tidak dapat dihubungi dan nonaktifkan ketika Anda kembali aktif di WhatsApp.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *