Menapaki Keindahan Benteng Ulanta di Bone Bolango

waktu baca 3 menit
Menapaki Keindahan Benteng Ulanta di Bone Bolango

Menapaki Keindahan Benteng Ulanta di Bone Bolango

Sulawesitoday – Pernahkah kamu merasa penasaran dengan destinasi wisata tersembunyi yang menyimpan keindahan alam luar biasa?
Saya memiliki pengalaman menakjubkan di Benteng Ulanta, sebuah tempat magis di Bone Bolango, Gorontalo.

Langkahku menuju ke sana dimulai dari kota Gorontalo, perjalanan selama 1 jam 30 menit dengan kendaraan pribadi, melintasi jalan yang berkelok-kelok. Sampai pada gapura Desa Ulanta, petualanganku benar-benar dimulai.

Pesona Konsep Bangunan Ala Negeri Eropa

Ternyata, Benteng Ulanta bukan hanya destinasi wisata biasa. Bangunan megah ini, yang mengusung konsep ala negeri Eropa, mengundang decak kagum para pengunjung.

Dari kejauhan, benteng tersebut mirip kastil megah di negeri dongeng. Dua menara menjulang tinggi, tersusun rapi dari batu bata yang awet dalam jangka waktu lama.

Sebelumnya, tempat ini hanyalah semak belukar dan rumput liar yang dibiarkan terbengkalai.
Namun, pemerintah setempat memutuskan untuk mengubahnya menjadi destinasi wisata yang menawan.

Mengenang Sejarah di Atas Gunung Pombolu

Topik terkait

Tahukah kamu bahwa Benteng Ulanta berdiri di atas Gunung Pombolu, tempat bersejarah yang dulunya digunakan untuk memantau kedatangan tentara Belanda?

Ini bukan sekadar bangunan, melainkan simbol penghargaan terhadap perjuangan pahlawan Gorontalo saat penjajahan. Dari atas benteng, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan memukau: dataran rendah Gorontalo, anak sungai yang berkelok, dan pemukiman warga yang terlihat kecil.
Semuanya terbentang indah di hadapan mata, ditemani oleh angin sepoi-sepoi yang memberikan ketenangan sepanjang liburan di kota Gorontalo.

Momen Magis Menyaksikan Senja di Ketinggian

Namun, pengalaman paling menakjubkan datang saat senja menjelang. Dari ketinggian benteng, matahari perlahan terbenam di cakrawala, menciptakan langit senja yang memukau.

Warna jingga langit berpadu dengan bangunan benteng yang unik, menciptakan pemandangan yang luar biasa indah. Pengunjung berdatangan, tak ingin melewatkan momen langka ini.

Mereka menanti senja untuk sesi pemotretan dengan latar belakang langit orange. Benteng Ulanta memang memiliki daya tarik yang tak terbantahkan, menjadi destinasi favorit para wisatawan yang ingin merasakan keajaiban alam Gorontalo.

Petualangan Tanpa Anggaran Khusus

Meskipun tergolong destinasi baru, Benteng Ulanta tak memerlukan anggaran khusus. Tiket masuk gratis, dan retribusi parkir pun tidak dikenakan biaya apapun.

Kamu dapat menjelajahi keindahan benteng ini dalam waktu seharian. Meski hanya berbekal kendaraan darat, petualangan ini memberikan kesan tak terlupakan.

Bagi saya, Benteng Ulanta bukan sekadar bangunan batu, melainkan kisah perjalanan tanpa batasan anggaran yang menakjubkan.

Penutup: Melampaui Popularitas, Menggapai Keindahan Sejati

Benteng Ulanta memang telah mencuri perhatian para wisatawan, baik domestik maupun internasional. Namun, melampaui popularitasnya, tempat ini memberikan lebih dari sekadar pemandangan indah.
Ini adalah perjalanan tanpa batasan, menuju keindahan alam yang memukau.

Gorontalo bukan hanya nama kota, melainkan kumpulan cerita perjalanan yang tak terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *