Menelusuri Keindahan Masjid Al Markaz Al Islami: Petualangan yang Tak Terlupakan

waktu baca 3 menit
Menelusuri Keindahan Masjid Al Markaz Al Islami: Petualangan yang Tak Terlupakan

Sulawesitoday – Pernahkah kalian merasa penasaran dengan destinasi wisata religi yang unik dan memikat di Sulawesi Selatan?

Saya memiliki pengalaman tak terlupakan di Masjid Al Markaz Al Islami di Makassar. Dalam perjalanan ini, saya akan mengajak kalian merasakan keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh masjid ini.

Keajaiban Arsitektur: Menjelajah Masjid dengan Desain Unik

Masjid Al Markaz Al Islami tidak sekadar tempat ibadah, tetapi juga merupakan karya arsitektur yang memukau. Dibangun oleh Jenderal M Jusuf, masjid ini memiliki desain unik yang mencerminkan kekayaan budaya Sulawesi Selatan.

Arsitek kenamaan, Ir. Ahmad Nu’man, memastikan setiap detail bangunan menciptakan harmoni antara keislaman dan kekhasan lokal.

Perjalanan Melalui Material Premium: Tegola Italia dan Granit

Menapaki setiap langkah di masjid ini, saya merasakan kokohnya pondasi dengan 450 tiang pancang setinggi 21 meter. Material premium dari Italia seperti tegola untuk atap, keramik, dan granit untuk lantai menunjukkan dedikasi tinggi dalam pembangunan.

Semua ini menciptakan atmosfer sakral yang membuat pengunjung merasa terhubung dengan keagungan.

Melodi Bedug dan Mihrab yang Megah: Pengalaman Spiritual yang Mendalam

Masjid ini tak hanya memukau secara visual, tetapi juga melalui telinga dan hati. Bedug terbesar di Sulawesi Selatan memberikan melodi yang menggetarkan jiwa, terdengar begitu jelas saat menaiki tangga masuk.

Topik terkait

Dinding mihrab menjadi pusat visual dengan kaligrafi indah dari tembaga kekuningan, menciptakan ruang spiritual yang mengesankan.

Menara yang Menantang Ketinggian: Persaingan dengan Masjid Nabawi

Mendekati puncak perjalanan, saya berdiri di bawah menara setinggi 84 meter. Menara persegi dengan bak tempat penampungan air di ketinggian 17 meter, memberikan persaingan ketinggian dengan Masjid Nabawi.

Pemandangan dari atas memberikan perspektif yang luar biasa, memperlihatkan keelokan Makassar dari ketinggian.

Dibalik Nama: Penghargaan untuk Jenderal M. Jusuf

Saya pun terpikat dengan cerita di balik nama masjid. Keputusan untuk menambahkan nama Jenderal M. Jusuf sebagai bentuk penghargaan menciptakan nuansa sejarah yang kental.

Pengunjung dapat merasakan kehadiran dan kontribusi beliau dalam pendirian kompleks masjid ini.

Aktivitas Seru di Seputar Masjid: Dari Beribadah hingga Berbelanja

Selain kecantikan arsitektur, masjid ini juga menawarkan aktivitas seru. Berjalan-jalan di taman yang luas, beribadah dalam suasana penuh spiritualitas, atau mengeksplorasi area sekitar masjid yang ramai dengan pedagang pada hari Jumat.
Semua ini menambahkan dimensi lain dalam menjelajahi keindahan masjid ini.

Fasilitas Nyaman untuk Setiap Pengunjung

Masjid ini bukan hanya sebuah tempat ibadah, tetapi juga memberikan fasilitas nyaman. Dengan daya tampung hingga 50.000 jamaah, area parkir luas, dan fasilitas wudhu serta toilet bersih, setiap pengunjung dapat merasakan kenyamanan dalam beribadah.
Pedagang makanan di sekitar masjid juga menambahkan nuansa kuliner yang menggoda.

Kesimpulan: Pengalaman Wisata yang Menggugah Hati

Dari keajaiban arsitektur hingga aktivitas seru di sekitar masjid, Masjid Al Markaz Al Islami memberikan pengalaman wisata yang menggugah hati.

Setiap langkah di dalamnya seperti menyusuri lembaran sejarah dan kebudayaan Sulawesi Selatan.
Inilah tempat yang tidak hanya memberikan ketenangan spiritual, tetapi juga kecantikan yang memukau bagi setiap pengunjungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *