Banner DLH 2024,d

Mengajak Anak Belajar Puasa: Petualangan Bersama Bunda

waktu baca 2 menit

Mengajak Anak Belajar Puasa: Petualangan Bersama Bunda

Sulawesitoday– Bunda, pernahkah terlintas di pikiran, bagaimana caranya mengajak si kecil belajar puasa di bulan Ramadan? Meskipun usia dini belum mengharuskan mereka untuk berpuasa, namun memberikan pengalaman tersebut dapat menjadi kebiasaan baik yang membentuk karakter mereka. Tapi tunggu dulu, sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan ini berjalan lancar dan menyenangkan.

 

Mari kita mulai dari awal, pertanyaan yang sering muncul, umur berapa si kecil boleh mulai berpuasa? Tidak ada batasan pasti, namun ahli gizi menyarankan untuk memperkenalkan puasa saat si kecil sudah mampu berkomunikasi dua arah dan memiliki kebiasaan dalam makan serta dapat meniru perilaku orang di sekitarnya. Biasanya, saat mereka sudah duduk di bangku SD.

 

Setelah mengetahui kapan waktu yang tepat, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memberikan apresiasi. Ingat, jangan memaksa mereka untuk berpuasa. Tetap berikan semangat dan perhatikan tanda-tanda kelelahan serta dehidrasi. Ketika tiba waktu berbuka, jangan lupa untuk memberikan pujian. Contohnya, “Adik sudah luar biasa, bunda bangga melihatmu bisa menahan lapar dan haus!”

 

Selanjutnya, mulailah dengan perlahan. Tak perlu tergesa-gesa. Ajak si kecil untuk berpuasa setengah hari terlebih dahulu agar mereka terbiasa. Berikan mereka waktu untuk meningkatkan kemampuan menahan lapar secara bertahap. Berikan juga pengertian dan makna dari ibadah puasa agar mereka memahami dengan baik.

 

Tidak ketinggalan, pastikan untuk menyediakan menu sahur dan berbuka yang berkualitas. Meskipun menu favorit bisa meningkatkan semangat mereka, namun jangan lupakan aspek nutrisi yang penting. Pilihlah makanan yang mengandung serat dan nutrisi baik untuk pertumbuhan mereka.

 

Dan yang tak kalah pentingnya adalah menjadikan bulan Ramadan sebagai waktu yang menyenangkan bagi si kecil. Rencanakan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama. Ceritakan kisah-kisah seru tentang bulan Ramadan atau bahkan pengalaman pribadi masa kecil kita. Hal ini akan membuat mereka lebih ceria dan teralihkan dari rasa lapar.

 

Dengan menerapkan kelima tips ini, diharapkan proses belajar puasa bagi si kecil bisa menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan. Namun ingat, jangan sampai memaksa kehendak mereka. Biarkan mereka menjalani proses ini dengan sukarela dan semangat yang tulus. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa, Bunda dan si kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *