Banner kesbanpol2 2024

Mengapa Kita Merinding? Ilmuwan Temukan Jawabannya

waktu baca 3 menit
Mengapa Kita Merinding - Merinding sering dianggap sebagai reaksi fisik terhadap hal-hal mistis. Namun, sebenarnya ada penjelasan ilmiah di balik fenomena ini.

Mengapa Kita MerindingMerinding sering dianggap sebagai reaksi fisik terhadap hal-hal mistis. Namun, sebenarnya ada penjelasan ilmiah di balik fenomena ini.

Para ilmuwan telah meneliti reaksi fisik ini dari sudut pandang sains untuk menemukan penyebabnya.

Bermanfaat Untuk Mengatur Suhu Tubuh

Menurut penelitian yang dilansir dari Science Alert, merinding dapat membantu mengatur suhu tubuh ketika terpapar udara dingin.

Dalam analisis tikus, para ilmuwan menemukan bahwa otot-otot tertentu yang berkontraksi ketika merinding terhubung ke sistem saraf simpatik. Ketika suhu turun, otot-otot ini menjembatani celah antara saraf simpatik dan folikel rambut.

Dalam jangka pendek, ini menyebabkan rambut berdiri dan merinding. Sementara itu, dalam jangka panjang, merinding tampaknya meningkatkan pertumbuhan rambut.

Menjaga Keseimbangan Sistem Sel

Para peneliti mengatakan, ada hubungan penting antara sel induk, yang dapat digunakan tubuh untuk membuat jenis sel, dan rangsangan eksternal.

Ahli biologi, Ya-Chieh Hsu, dari Universitas Harvard, mengatakan kulit adalah sistem yang menarik karena memiliki banyak sel puncak yang dikelilingi oleh berbagai jenis sel dan terletak di antarmuka antara tubuh manusia dan dunia luar.

Oleh karena itu, sel induk dapat merespons beragam rangsangan, bahkan dari lingkungan luar. Dalam penelitian ini, peneliti mengidentifikasi dua komponen yang menarik yang tidak hanya mengatur sel puncak dalam kondisi mapan, tetapi juga memodulasi perilaku sel puncak sesuai dengan perubahan suhu di luar.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti menggunakan mikroskop elektron resolusi tinggi untuk mengidentifikasi sistem regulasi pertumbuhan rambut ini, yang melibatkan tiga jenis jaringan yang ditemukan di banyak organ, yakni saraf (saraf simpatik), mesenkim (memegang otot-otot kecil), dan epitel (sel induk folikel rambut).

Meskipun hubungan antara saraf dan otot sudah diketahui dalam sistem khusus ini, hubungan ke sel induk pengatur rambut adalah penemuan baru dan tidak biasa. Koneksi seperti sinaps dibuat ke sel puncak sebagai gantinya dan membungkusnya seperti pita.

Udara Dingin Memicu Pertumbuhan Rambut

Dalam penelitian yang dilakukan, udara dingin diketahui mampu memicu pertumbuhan rambut. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa udara dingin dapat menempatkan saraf simpatik dalam keadaan siaga tinggi yang lebih dari aktivasi tingkat rendah normal.

Akibatnya, neurotransmitter yang lebih banyak akan dilepaskan dan dapat mempercepat aktivasi sel induk, sehingga pertumbuhan rambut dapat terjadi lebih cepat.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa otot memiliki peran penting dalam menghubungkan antara saraf dan sel induk.

Oleh karena itu, udara dingin dapat menjadi faktor penting dalam memicu pertumbuhan rambut, terutama jika diterapkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun, perlu dicatat bahwa udara dingin tidak boleh digunakan secara berlebihan atau berlebihan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Baca juga: Peluang Barcelona Dapatkan Bernardo Silva Semakin Terbatas

Mengapa Kita Merinding - Merinding sering dianggap sebagai reaksi fisik terhadap hal-hal mistis. Namun, sebenarnya ada penjelasan ilmiah di balik fenomena ini.
Mengapa Kita Merinding – Merinding sering dianggap sebagai reaksi fisik terhadap hal-hal mistis. Namun, sebenarnya ada penjelasan ilmiah di balik fenomena ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *