GIF-banner-2024

Mengembara di Antara Kampung Wisata Surabaya: Sebuah Perjalanan Edukatif

waktu baca 4 menit
Mengembara di Antara Kampung Wisata Surabaya: Sebuah Perjalanan Edukatif

Mengembara di Antara Kampung Wisata Surabaya: Sebuah Perjalanan Edukatif

Sulawesitoday– Jika Anda berpikir bahwa liburan hanya sebatas jalan-jalan di daerah terpencil atau menyusuri pegunungan yang sunyi, maka Surabaya akan membantahnya. Kota ini, yang dikenal sebagai pusat keramaian, bukan hanya menawarkan kelezatan kuliner dan kegiatan belanja yang terkenal, tetapi juga menghadirkan pesona kampung-kampung wisata di tengah hiruk pikuknya kehidupan perkotaan. Mengunjungi kampung-kampung wisata ini tidak hanya akan menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari, tetapi juga membuka pintu bagi pengalaman edukatif yang tak ternilai harganya. Ingin tahu lebih lanjut? Mari kita mengembara bersama ke beberapa kampung wisata di Surabaya yang menarik untuk dijelajahi, dan pastinya, menginspirasi:

Kampung Heritage Lawang Seketeng: Jejak Sejarah yang Menawan

Ingin merasakan sentuhan sejarah Surabaya? Kunjungi Kampung Heritage Lawang Seketeng. Kampung ini, yang telah berdiri sejak tahun 2019, menjadi saksi bisu dari kejayaan masa lalu Surabaya. Diperkirakan kampung ini telah berdiri sejak zaman Majapahit, memberikan kita sebuah jendela untuk melihat masa lalu yang kaya akan cerita. Dalam perjalanan Anda, Anda akan menemukan berbagai peninggalan arkeologis yang menakjubkan, seperti Sumur Jobong di Pandean Gang I. Selain itu, jangan lewatkan untuk menjelajahi struktur bangunan kuno dan mengunjungi makam tokoh-tokoh berpengaruh dari masa lalu, seperti Makam Mbah Dimo dan Makam Syekh Zen Zaini Assegaf. Bersiaplah untuk dihanyutkan dalam petualangan yang seru dan mendidik!

Kampung Ceria dan Batik Bubutan: Pernapasan Hangat Kampung Halaman

Bubutan adalah perpaduan sempurna antara tempat nongkrong yang nyaman dan sentuhan seni batik. Dengan berbagai fasilitas khas kampung, mulai dari gazebo yang menawarkan tempat bersosialisasi yang nyaman hingga beragam jenis mainan tradisional untuk anak-anak, Bubutan akan membuat setiap pengunjung merasa seperti berada di kampung halaman mereka sendiri. Di sini, Anda juga bisa belajar membatik dengan dukungan penuh dari ibu-ibu kampung yang ramah dan berpengetahuan. Rasakan kehangatan dan keakraban di Kampung Ceria dan Batik Bubutan!

Kampung Jambangan: Dari Kegelapan Menuju Cahaya

Kampung Jambangan, yang dulunya dikenal sebagai kampung yang dipenuhi dengan masalah lingkungan, kini telah berubah menjadi surga tersembunyi di tengah-tengah hiruk pikuk Kota Surabaya. Berkat inisiasi dari pegiat lingkungan pada tahun 2001, kampung ini berhasil bertransformasi menjadi lingkungan yang bersih, sehat, dan bahkan menjadi salah satu destinasi wisata terkenal. Salah satu daya tarik utamanya adalah sistem pemilahan dan pengolahan sampah yang canggih, hasil dari kerjasama antara berbagai pihak dan masyarakat setempat. Tidak mengherankan jika Kampung Jambangan menjadi tempat studi bagi banyak kalangan dan instansi yang ingin belajar lebih dalam tentang penanganan sampah yang efektif.

Kampung Lawas Maspati: Membelokkan Waktu ke Masa Lampau

Jika Anda ingin merasakan atmosfer kampung tempo dulu yang masih terjaga keasliannya, maka Kampung Lawas Maspati adalah pilihan yang tepat. Dengan barisan rumah kuno yang tetap terawat dan suasana kampung yang memesona, tempat ini adalah surga bagi para pecinta fotografi yang ingin menciptakan karya yang estetis. Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai permainan tradisional yang menarik dan bahkan mencoba kemampuan melukis Anda dengan dukungan penuh dari pendamping yang ahli. Nikmati juga sajian makanan dan minuman tradisional yang menggugah selera di Kampung Lawas Maspati!

Kampung Pecinan Tambak Bayan: Jejak Budaya Tionghoa yang Abadi

Kampung Pecinan Tambak Bayan adalah salah satu kampung unik lainnya yang dimiliki oleh Surabaya. Dengan sejarah yang mencapai ratusan tahun, kampung ini sarat dengan nuansa kultur Tionghoa yang kental. Di sini, Anda dapat merasakan harmoni antara berbagai etnis yang hidup berdampingan, seperti Tionghoa, Jawa, dan Madura. Jangan lewatkan untuk mengunjungi kampung ini saat perayaan besar Tionghoa, di mana Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang meriah dan perayaan yang menggembirakan. Tidak hanya sebagai tempat untuk melepaskan penat, berkunjung ke beberapa kampung wisata di Surabaya juga akan membuka mata Anda terhadap berbagai pengetahuan baru, wawasan sejarah yang menarik, dan nilai-nilai toleransi yang tercermin dari kehidupan sehari-hari warga setempat. Jadi, mengajak keluarga untuk menjelajah kampung-kampung ini bukan hanya sebuah liburan, tetapi juga sebuah perjalanan pendidikan yang tak terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *