Banner kesbanpol2 2024

Operasi Ketupat Tinombala-2024: Agenda Keamanan Polda Sulteng untuk Idul Fitri

waktu baca 2 menit
Operasi Ketupat Tinombala-2024: Agenda Keamanan Polda Sulteng untuk Idul Fitri

Operasi Ketupat Tinombala-2024: Agenda Keamanan Polda Sulteng untuk Idul Fitri

Sulawesitoday– Polda Sulawesi Tengah menggelar Operasi Ketupat Tinombala-2024 sebagai langkah untuk menjamin keamanan dan kelancaran aktivitas selama perayaan Idul Fitri 1445 H.

Dalam operasi yang berlangsung selama 13 hari mulai tanggal 4 April hingga 16 April 2024 ini, terdapat lima target utama yang ingin dicapai.

Mewujudkan Rasa Aman dan Nyaman bagi Masyarakat

Pada Selasa 2 April 2024, Kabidhumas Polda Sulteng, Kombes Pol Djoko Wienartono, menyatakan bahwa salah satu fokus utama operasi ini adalah untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa, shalat tarawih, dan shalat Idul Fitri 1445 H.

Menurut Djoko, “Sebagaimana sambutan Bapak Kapolda Sulteng saat membuka latihan pra operasi Ketupat Tinombala-2024, ada 5 target yang harus dicapai.”

Mengamankan Transportasi dan Lalu Lintas

Operasi Ketupat Tinombala-2024 juga bertujuan untuk menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas bagi masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan angkutan darat, laut, maupun udara.

Menjamin Distribusi Bahan Kebutuhan Pokok dan BBM

Polda Sulteng juga berkomitmen untuk memastikan kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok dan bahan bakar minyak (BBM), sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran terhadap harga dan ketersediaannya di masyarakat.

Meningkatkan Kesiagaan dalam Penanggulangan Darurat

Salah satu target penting dalam Operasi Ketupat Tinombala-2024 adalah membangun kesiap-siagaan sistem tanggap darurat. Hal ini dilakukan melalui koordinasi lintas sektoral dan sinergitas antar komponen masyarakat dalam menghadapi situasi darurat, termasuk bencana alam.

Meningkatkan Kualitas Monitoring dan Evaluasi

Terakhir, Polda Sulteng menekankan pentingnya monitoring setiap kejadian, baik gangguan kamtibmas maupun keadaan lalu lintas. Hal ini dilakukan dengan cermat, akurat, dan benar untuk menjadi bahan analisis dan evaluasi di masa yang akan datang.

Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan Operasi Ketupat Tinombala-2024 di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Masyarakat diharapkan dapat menjalankan ibadah, bersilaturahmi, berlibur, dan melakukan rekreasi dengan penuh kebahagiaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *