Overview

waktu baca 7 menit
OverviewDalam dunia yang semakin terkoneksi secara digital, Meta Ads menjadi platform yang sangat vital untuk mempromosikan bisnis kamu. Dalam narasi ini, kita akan membahas bagaimana cara menciptakan strategi pemasaran dan periklanan yang efektif di Meta Ads. Mulai dari pemilihan tujuan iklan, audiens yang menjadi target, hingga konten iklan yang kamu gunakan.

Overview

Dalam dunia yang semakin terkoneksi secara digital, Meta Ads menjadi platform yang sangat vital untuk mempromosikan bisnis kamu. Dalam narasi ini, kita akan membahas bagaimana cara menciptakan strategi pemasaran dan periklanan yang efektif di Meta Ads. Mulai dari pemilihan tujuan iklan, audiens yang menjadi target, hingga konten iklan yang kamu gunakan.

Apa itu Facebook Business Manager?

Sebelum kita memulai perjalanan ini, mari kita kenali Meta Business Suite. Ini adalah alat yang canggih yang diciptakan oleh Meta untuk membantu kamu mengelola segala aktivitas periklanan dan aset bisnis yang terhubung dengan Facebook, Messenger, dan Instagram – semuanya di satu tempat. Inilah yang membuat pengelolaan bisnis kamu menjadi lebih efisien, memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan lebih banyak orang, dan tentu saja, meraih kesuksesan bisnis yang lebih besar.

Salah satu keunggulan utama Meta Business Suite adalah kemampuan untuk memisahkan kegiatan bisnis dari kegiatan pribadi kamu. Dan yang lebih menarik, kamu bisa:

  • Melihat siapa yang memiliki akses ke Halaman dan akun iklan kamu, serta memberi izin atau mencabut akses tersebut.
  • Berbagi akun Business Manager kamu dengan agensi iklan untuk membantu mereka mengelola kampanye iklan kamu di Meta Ads Manager.
  • Membuat dan menjadwalkan posting, cerita, dan iklan untuk bisnis kamu.
  • Mendapatkan wawasan yang berharga untuk mengoptimalkan performa bisnis kamu.
  • Topik terkait
  • Jadi, untuk menjadi seorang pengiklan di Facebook, Instagram, Messenger, atau Audience Network, langkah pertama adalah mendaftar akun Facebook pribadi dan kemudian masuk ke aplikasi Meta Business Suite.

Cara Membuat Facebook Business Manager

Apakah kamu siap untuk memulai? Jika kamu belum memiliki akun Facebook, jangan khawatir. Langkah pertama adalah membuat akun dengan mengeklik “Buat Akun”. Setelah berhasil masuk ke Facebook, pergilah ke “Ads Manager” dan lanjutkan dengan “Setup guide”.

Tetapi perlu dicatat, untuk beriklan dengan Business Manager, kamu perlu memiliki Halaman Facebook. Ada tiga opsi yang bisa kamu pilih:

  • “Claim Page.”
  • “Request Page.”
  • “Create Page.”

Pilih yang sesuai dengan situasi kamu, dan ikuti petunjuk yang diberikan. Halaman Facebook kamu akan ditambahkan ke Business Manager kamu. Terakhir, kamu perlu membuat atau menambahkan akun Iklan Facebook yang akan terhubung dengan Akun Bisnis kamu.

  • Buka Pengaturan Bisnis Manager kamu, lalu klik “Ad Account”. Dari menu tarik-turun, pilih “Tambahkan Akun Iklan” (jika kamu sudah memiliki akun yang ingin kamu hubungkan). Kamu bisa meminta akses ke akun iklan yang ada atau membuat akun iklan baru.
  • Jangan lupa untuk menetapkan peran di Akun Business Manager kamu. Ada dua peran utama yang dapat dipilih, yaitu “Admin” dan “Employee”.
  • Mengenai peran di Halaman yang ingin kamu iklankan, kamu perlu meminta Admin Halaman untuk menetapkan peran “Admin,” “Analyst,” atau “Advertiser” untuk kamu. Itulah sedikit gambaran tentang ketiga peran tersebut dan izin yang mereka miliki.

Cara Menemukan ID Akun Iklan Facebook

Penting untuk mengetahui ID akun iklan kamu. Jika kamu belum tahu, ID akun iklan biasanya dapat ditemukan di alamat browser kamu ketika kamu sedang membuka halaman akun iklan kamu.

Metode Pembayaran Facebook Ads

Ketika kamu siap untuk mulai beriklan dengan Business Manager, langkah selanjutnya adalah menambahkan metode pembayaran. Hal ini memungkinkan kamu untuk menerbitkan iklan pertamamu. Caranya:

  • Buka halaman “Pengaturan Pembayaran” dengan mengklik “Pengaturan Akun Iklan” dan pilih “Pengaturan Pembayaran”.
  • Di bagian “Pengaturan Pembayaran,” klik “Tambahkan Metode Pembayaran”.
  • Pilih metode pembayaran yang ingin kamu tambahkan, dan ikuti petunjuk yang diberikan.
  • Setelah semua ini selesai, kamu siap untuk meluncurkan iklan Facebook untuk bisnismu. Untuk mengakses Pengelola Iklan, tempat kamu dapat membuat dan menjalankan kampanye iklan, pilih ikon kotak di kiri atas layar dan klik “Pengelola Iklan.”

Cara Menghapus Akun Iklan Facebook

Saatnya untuk membahas hal yang lebih serius: bagaimana menghapus akun iklan Facebook. Sayangnya, kamu tidak bisa menghapus akun iklan dari Business Manager. Tetapi, jika kamu tidak lagi menggunakan akun tertentu, kamu bisa menutupnya. Meta menganjurkan penutupan akun untuk mencegah penggunaan yang tidak sah. Tapi perlu diingat, menutup akun iklan berarti kamu tidak bisa membuat akun iklan yang baru.

Sebelum mulai, pastikan:

  • Kamu harus menjadi admin akun iklan atau admin akun bisnis untuk menutup akun iklan. Pastikan peran kamu sudah sesuai.
  • Pastikan tidak ada saldo tertunggak di akun kamu. Saldo tertunggak akan dibebankan ke kartu kredit kamu dan kartu kredit tersebut akan dihapus setelah saldo tertunggak kamu terbayar. Proses ini mungkin memerlukan hingga 2 hari kerja.

Langkah-langkah menutup akun iklan:

  • Buka Pengaturan Bisnis.
  • Klik “Akun,” lalu lanjutkan dengan mengklik “Akun Iklan.”
  • Pilih akun iklan yang ingin kamu tutup.
  • Klik “Tutup Akun.”
  • Terakhir, klik “Tutup Akun Iklan” untuk mengonfirmasi bahwa kamu ingin menutup akun iklan ini. Sebelum Meta menutup akun iklan kamu, mereka akan memeriksa bahwa tidak ada saldo tertunggak. Jika tidak ada masalah, akun iklan kamu akan segera ditutup.

Penutup

Sekarang kamu sudah siap untuk memulai petualangan beriklan di Meta Ads. Ingatlah bahwa ada batasan-batasan yang perlu kamu perhatikan. Sebagai contoh, satu pengguna hanya bisa mengelola hingga 25 akun iklan. Begitu pula, setiap akun iklan memiliki batasan pada jumlah kampanye, set iklan, dan iklan yang dapat dibuat. Ketika kamu mencapai salah satu batas ini, cukup hapus kampanye dan iklan lama untuk memberikan ruang bagi yang baru.

Semoga narasi ini membantu kamu memahami langkah-langkah untuk berhasil beriklan di Meta Ads dan memberikan bisnismu peluang yang lebih baik untuk berkembang. Teruslah eksplorasi dan kembangkan strategimu dengan bijak!

Facebook Business Manager adalah salah satu alat yang sangat berguna dalam mengelola bisnis Anda di platform media sosial terbesar di dunia. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana membuat, mengonfigurasi, dan mengoptimalkan Business Manager Anda untuk tahun 2023. Kami juga akan membahas fitur terbaru, keuntungan penggunaan, dan beberapa tips efektif untuk mengelola bisnis Anda dengan lebih baik.

  1. Panduan langkah demi langkah membuat Facebook Business Manager 2023

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah membuat Business Manager di Facebook. Ikuti panduan langkah demi langkah ini untuk memulainya:

  • Masuk ke akun Facebook Anda.
  • Buka Pengelola Bisnis di https://business.facebook.com/.
  • Klik “Buat Akun” dan ikuti instruksi berikutnya.
  1. Proses membuat Business Manager Facebook terbaru

Proses pembuatan Business Manager Facebook telah diperbarui untuk tahun 2023. Proses ini lebih mudah dan lebih efisien daripada sebelumnya. Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan oleh Facebook, dan dalam waktu singkat, Business Manager Anda akan siap digunakan.

  1. Tutorial membuat Business Manager di Facebook 2023

Apakah Anda memerlukan panduan lebih rinci? Tutorial ini akan membantu Anda memahami setiap langkah dalam membuat Business Manager 2023. Pastikan Anda mengikuti setiap langkah dengan cermat untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Langkah mudah membuat akun Business Manager Facebook

Membuat akun Business Manager di Facebook sangat mudah. Dengan hanya beberapa klik, Anda dapat memiliki akun yang siap digunakan untuk mengelola bisnis Anda.

  1. Fitur terbaru Business Manager Facebook 2023

Facebook terus-menerus memperbarui Business Manager-nya dengan fitur-fitur terbaru yang sangat bermanfaat. Beberapa fitur terbaru untuk tahun 2023 meliputi integrasi yang lebih baik dengan Instagram, analitik yang lebih kuat, dan kemampuan mengatur iklan dengan lebih tepat sasaran.

  1. Pengaturan dan konfigurasi Business Manager Facebook 2023

Setelah Anda membuat Business Manager Anda, konfigurasikan dan sesuaikan sesuai kebutuhan bisnis Anda. Anda dapat mengatur izin pengguna, menghubungkan akun iklan, dan mengelola halaman dengan lebih efisien.

  1. Keuntungan menggunakan Business Manager di Facebook

Apa yang membuat Business Manager begitu berharga? Keuntungan penggunaan alat ini termasuk pemisahan yang lebih baik antara bisnis dan akun pribadi Anda, akses yang lebih mudah ke semua aset bisnis Anda, dan pelaporan yang lebih canggih.

  1. Perbedaan antara Facebook Business Manager 2023 dengan versi sebelumnya

Versi terbaru dari Business Manager memiliki perbedaan signifikan dengan versi sebelumnya. Ini termasuk peningkatan antarmuka pengguna, fitur-fitur yang lebih kuat, dan keamanan yang ditingkatkan.

  1. Manfaat bisnis dari penggunaan Business Manager di Facebook

Penggunaan Business Manager Facebook bukan hanya tentang kenyamanan, tetapi juga tentang pertumbuhan bisnis. Anda dapat melacak kinerja kampanye Anda, mengelola tim dengan lebih baik, dan mengoptimalkan anggaran iklan Anda dengan lebih efektif.

  1. Tips efektif untuk mengelola bisnis di Facebook Business Manager 2023

Terakhir, berikut beberapa tips efektif untuk membantu Anda mengelola bisnis Anda dengan sukses di Facebook Business Manager 2023:

  • Gunakan alat analitik untuk melacak kinerja kampanye.
  • Tetapkan izin pengguna dengan bijak untuk menjaga keamanan aset Anda.
  • Selalu perbarui informasi bisnis Anda agar tetap relevan.
  • Lakukan uji coba A/B untuk mengoptimalkan iklan Anda.
  • Ikuti berita terbaru tentang fitur dan perubahan di Facebook Business Manager.
  • Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan siap menghadapi tahun 2023 dengan bisnis yang lebih efisien dan sukses di Facebook Business Manager. Segera mulai langkah pertama Anda untuk mengoptimalkan kehadiran bisnis Anda di dunia maya.

 

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *