GIF-banner-2024

Pedoman Pembatalan Pesanan, Pengembalian Pesanan, dan Pengembalian Dana TikTok Shop

waktu baca 10 menit
Pedoman Pembatalan Pesanan, Pengembalian Pesanan, dan Pengembalian Dana TikTok ShopKami ingin menyambut Anda ke Pedoman Pembatalan, Pengembalian Produk, dan Pengembalian Dana TikTok Shop. Kami telah merumuskan pedoman ini dengan tujuan yang sangat jelas: untuk menciptakan lingkungan belanja yang positif di TikTok Shop dan memberikan pengalaman berbelanja yang dapat dipercaya kepada pelanggan. Semua seller dan pelanggan yang menggunakan platform TikTok Shop diharapkan mematuhi pedoman ini.

Pedoman Pembatalan Pesanan, Pengembalian Pesanan, dan Pengembalian Dana TikTok Shop

Kami ingin menyambut Anda ke Pedoman Pembatalan, Pengembalian Produk, dan Pengembalian Dana TikTok Shop. Kami telah merumuskan pedoman ini dengan tujuan yang sangat jelas: untuk menciptakan lingkungan belanja yang positif di TikTok Shop dan memberikan pengalaman berbelanja yang dapat dipercaya kepada pelanggan. Semua seller dan pelanggan yang menggunakan platform TikTok Shop diharapkan mematuhi pedoman ini.

Cakupan

Catatan Penting: Pedoman ini hanya berlaku untuk transaksi lokal ke lokal. Pedoman ini berlaku untuk semua seller, pelanggan, dan pesanan yang dilakukan di TikTok Shop. Seller diperbolehkan menyesuaikan kebijakan pembatalan mereka sendiri, namun, kebijakan mereka harus minimal sejajar dengan pedoman yang ditetapkan di bawah ini.

Seluruh kondisi atau persyaratan dalam kebijakan pembatalan, pengembalian produk, dan pengembalian dana seller harus ditampilkan dengan jelas pada halaman detail produk dan dapat dilihat oleh pelanggan sebelum pesanan dilakukan. Seller juga harus memastikan bahwa semua kebijakan pembatalan sesuai dengan hak hukum pelanggan setempat.

Pedoman pada halaman ini akan diperbarui secara berkala. Seller harus memeriksa halaman ini secara teratur untuk memastikan bahwa mereka telah mematuhi pedoman kami saat ini.

Jenis Pengiriman

Terdapat dua jenis pengiriman yang perlu Anda ketahui:

  • Dikirim oleh TikTok: Ini adalah jenis pengiriman yang dipilih oleh TikTok Shop untuk memenuhi pesanan. Seller yang memilih opsi ini diharuskan menggunakan penyedia layanan yang ditunjuk oleh TikTok Shop.
  • Dikirim oleh Seller: Ini adalah jenis pengiriman yang dipilih oleh seller untuk memenuhi pesanan. Seller yang memilih opsi ini diharuskan memilih sendiri penyedia layanan logistik (kurir) untuk memenuhi pesanan. Opsi ini hanya tersedia untuk seller tertentu saja.

Pembatalan

Semua seller harus mengambil sejumlah langkah untuk menyelesaikan proses pengiriman. Kami telah menetapkan persyaratan untuk setiap langkah di bawah ini.

Prinsip-prinsip Umum

Berikut adalah prinsip umum TikTok Shop mengenai pembatalan pesanan:

  • Seller dan Pelanggan (Prinsip-prinsip Umum): Setelah pembayaran dilakukan, baik pelanggan maupun seller dapat membatalkan pesanan sebelum status pesanan diperbarui menjadi “Siap Dikirim – Menunggu Di Pick-up”. Seller dan pelanggan dapat berkomunikasi satu sama lain sebelum pembatalan. Seller dilarang menggunakan bahasa yang kasar atau mengancam. Namun, jika seller yakin bahwa pelanggan menyalahgunakan proses pembatalan, mereka dapat mengajukan tiket dengan memilih alasan “Keluhan & Perselisihan – Pelanggan” di Seller Center.
  • Seller (Prinsip-prinsip Umum): Seller dapat membatalkan pesanan sebelum status pesanan diubah menjadi “Dikirim”. Pesanan akan dibatalkan secara otomatis jika pelanggan belum melakukan pembayaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh seller atau platform (mana yang berlaku). Semua seller harus menangani semua permintaan pembatalan dalam waktu 48 jam setelah pengiriman. Jika seller tidak mengambil tindakan terhadap permintaan pembatalan atau pengembalian dana, permintaan yang tertunda akan disetujui secara otomatis.
  • Pelanggan (Prinsip-prinsip Umum): Pelanggan dapat membatalkan pesanan sebelum status pesanan diubah menjadi “Siap Dikirim – Menunggu Di Pick-up”. Pelanggan dapat membatalkan pesanan tanpa persetujuan seller jika pesanan dikirim melalui pengiriman jenis Dikirim oleh Seller dan permintaan pembatalan dilakukan kurang dari 1 (satu) jam dari waktu pemesanan. Pesanan yang dibayar lebih dari satu jam dengan jenis pengiriman Dikirim oleh Seller masih dapat dibatalkan sebelum dikirim jika pelanggan mengajukan permintaan pembatalan dan mendapatkan persetujuan seller.

Pembatalan oleh Seller

Berikut pedoman TikTok Shop tentang pembatalan oleh seller:

  • Jika produk tidak lagi tersedia karena kekurangan stok atau kerusakan produk dari sisa stok yang tidak terduga, seller dapat memberi tahu pelanggan dan membatalkan pesanan.
  • Pemberitahuan mengenai semua pembatalan harus segera diberitahukan kepada pelanggan melalui fitur pemberitahuan dalam aplikasi. Semua pemberitahuan harus dalam bahasa pelanggan dan harus menjelaskan alasan pembatalan pesanan.
  • Pelanggan berhak mendapatkan pengembalian dana jika seller membatalkan pesanan yang telah dibayar. Namun, seller tidak boleh meminta pelanggan untuk membatalkan pesanan karena kekurangan/masalah stok mereka sendiri.

Pengembalian Produk dan Pengembalian Dana (Permintaan Layanan Purna Jual)

  • Pengembalian Produk dan Pengembalian Dana (Pelanggan): Pengembalian produk dan pengembalian dana yang dilakukan oleh pelanggan juga dikenal sebagai permintaan “purna jual”. Pelanggan dapat mengajukan permintaan pengembalian produk/pengembalian dana dalam waktu enam (6) hari setelah status pesanan diperbarui menjadi “Dikirim”.
  • Permintaan Pengembalian ‘Hanya Pengembalian Dana’ (Dikirim oleh TikTok): Bagian ini berlaku untuk pesanan yang telah ditandai sebagai “Dikirim” dalam status pesanannya. Jika pelanggan belum menerima pesanan mereka setelah 48 jam dari perkiraan tanggal pengiriman, mereka dapat meminta pengembalian dana. Dalam kasus tersebut, penjual tidak perlu lagi meninjau permintaan pengembalian dana, karena platform akan menyetujui kebijakan ini secara otomatis. Jika pelanggan menerima pesanan mereka dalam kondisi yang rusak atau terdapat kesalahan produk, mereka dapat mengajukan permintaan pengembalian produk/pengembalian dana dalam waktu enam (6) hari setelah pesanan diterima.
  • Permintaan Pengembalian Produk/Pengembalian Dana (Dikirim oleh Seller): Jika pesanan dikirim oleh seller, pelanggan memiliki hak untuk mengajukan permintaan pengembalian produk/pengembalian dana dalam waktu enam (6) hari setelah pesanan diterima. Jika seller menerima permintaan tersebut, seller harus meninjau kasus tersebut dan memutuskan apakah akan menerima atau menolak permintaan pengembalian produk/pengembalian dana. Jika seller menolak permintaan tersebut, pelanggan dapat mengajukan banding. Seller harus memberikan jawaban atas banding pelanggan dalam waktu dua (2) hari. Jika seller tidak merespons banding pelanggan dalam waktu dua (2) hari, banding pelanggan akan diteruskan kepada platform untuk peninjauan lebih lanjut.

Sistem Peninjauan

Bagian ini berlaku untuk kasus-kasus ketika pelanggan dan seller tidak dapat menyelesaikan sengketa mereka melalui diskusi. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti dalam kasus seperti itu:

Tahap 1 – Tinjauan Kasus Seller: Seller harus meninjau semua permintaan pengembalian produk/pengembalian dana yang diterima dalam waktu dua (2) hari. Seller harus menentukan apakah mereka akan menerima atau menolak permintaan tersebut. Jika seller menerima permintaan, mereka harus menginstruksikan pelanggan mengembalikan produk kepada seller. Seller harus mengembalikan dana ke pelanggan ketika mereka menerima produk yang dikembalikan dengan baik. Pelanggan harus mengembalikan produk ke seller dalam waktu 15 hari setelah seller menerima pengembalian produk. Jika seller menolak permintaan pengembalian, mereka harus memberikan alasan yang jelas dan akurat untuk penolakan tersebut. Pelanggan dapat mengajukan banding dalam waktu dua (2) hari setelah seller menolak permintaan pengembalian. Jika seller tidak merespons banding pelanggan dalam waktu dua (2) hari, banding pelanggan akan diteruskan kepada platform untuk peninjauan lebih lanjut.

Tahap 2 – Tinjauan Kasus Platform: Jika kasus tidak terselesaikan setelah tahap 1 atau jika pelanggan merasa tidak puas dengan keputusan seller, kasus akan diteruskan kepada platform untuk peninjauan lebih lanjut. Platform akan memeriksa kasus tersebut dan mengambil tindakan jika diperlukan.

Kebijakan Pengembalian Dana

Pengembalian dana kepada pelanggan harus dilakukan dalam waktu 7 hari setelah seller menerima produk yang dikembalikan dengan baik. Pengembalian dana harus dikirim ke metode pembayaran asli pelanggan jika memungkinkan, atau metode pembayaran lain jika seller dan pelanggan setuju.

Pengembalian dana yang diberikan kepada pelanggan harus mencakup jumlah produk, pajak, biaya pengiriman, dan biaya transaksi. Pelanggan tidak harus membayar biaya pengiriman untuk mengembalikan produk yang rusak atau salah.

Jika produk yang dikembalikan oleh pelanggan dalam keadaan buruk dan tidak dapat dijual lagi, seller berhak untuk menolak pengembalian dana atau hanya memberikan sebagian pengembalian dana yang sesuai. Seller harus memastikan bahwa kebijakan pengembalian mereka sesuai dengan hukum setempat dan internasional.

Jika seller tidak merespons permintaan pengembalian produk/pengembalian dana dalam waktu yang ditentukan, banding pelanggan akan diteruskan kepada platform untuk peninjauan lebih lanjut.

Dalam kasus pengembalian produk/pengembalian dana yang disetujui oleh seller dan platform, pelanggan harus mengembalikan produk yang rusak atau salah ke alamat yang ditentukan oleh seller. Seller wajib mengembalikan dana kepada pelanggan dalam waktu 7 hari setelah menerima produk yang dikembalikan.

Kebijakan Tambahan

Seller harus menjaga catatan yang akurat dan lengkap tentang semua pengiriman, pembatalan, dan pengembalian produk/pengembalian dana. Seller juga harus menjaga bukti dari komunikasi dengan pelanggan.

Pelanggan diharapkan untuk mengajukan pengembalian produk/pengembalian dana dengan memberikan bukti foto yang jelas dan akurat tentang kondisi produk atau bukti lain yang diperlukan.

Seller dilarang menggunakan bahasa kasar, mengancam, atau tidak sopan dalam komunikasi dengan pelanggan.

TikTok Shop berhak untuk memeriksa atau membatasi aktivitas pengembalian produk/pengembalian dana pelanggan yang berpotensi menyalahgunakan sistem pembatalan atau pengembalian produk/pengembalian dana.

TikTok Shop berhak untuk mengambil tindakan terhadap seller yang melanggar pedoman ini, termasuk tetapi tidak terbatas pada pengurangan peringkat seller, penangguhan akun, atau tindakan hukum yang sesuai.

Disposisi Akhir

Pedoman ini dirancang untuk menciptakan lingkungan belanja yang aman dan dapat dipercaya di TikTok Shop. Kami berharap bahwa seller dan pelanggan akan mengikuti pedoman ini dengan itikad baik dan mengikuti proses pengembalian produk/pengembalian dana dengan profesionalisme dan kesopanan. Kami akan terus memantau dan mengembangkan pedoman ini sesuai dengan perkembangan platform.

Cara Melakukan Retur Barang di TikTok Shop pada Tahun 2023

TikTok Shop merupakan salah satu platform e-commerce yang semakin populer di tahun 2023. Seperti platform lainnya, TikTok Shop juga memahami bahwa terkadang, pembeli mungkin perlu melakukan retur barang. Di sini, kita akan menjelaskan dengan komprehensif bagaimana Anda dapat melakukan retur barang di TikTok Shop pada tahun 2023.

Langkah-langkah Retur Barang di TikTok Shop Terbaru 2023

  • Buka Aplikasi TikTok: Langkah pertama adalah membuka aplikasi TikTok di perangkat Anda. Pastikan Anda telah login ke akun Anda.
  • Masuk ke Profil Anda: Klik ikon profil Anda, yang biasanya terletak di sudut kanan bawah.
  • Akses Pesanan Anda: Pilih opsi “Pesanan” atau yang serupa, di mana Anda dapat melihat riwayat pembelian Anda.
  • Pilih Pesanan yang Ingin Diretur: Temukan pesanan atau produk yang ingin Anda kembalikan. Klik pada pesanan tersebut.
  • Ajukan Permintaan Retur: Di dalam detail pesanan, cari opsi untuk mengajukan retur. Ini mungkin ditandai sebagai “Retur” atau “Refund.”
  • Ikuti Panduan untuk Retur: TikTok Shop biasanya memiliki panduan dan alur kerja yang harus Anda ikuti untuk mengajukan retur. Ini mungkin termasuk mengisi alasan retur dan mengunggah foto produk.
  • Tunggu Persetujuan Seller: Setelah Anda mengajukan permintaan retur, penjual akan meninjaunya. Pengembalian dana akan diproses setelah seller menyetujui permintaan refund dari pembeli. Durasi pengembalian dana bergantung pada metode yang Anda gunakan.
  • Lacak Status Retur Anda: Anda dapat melacak status retur Anda dalam aplikasi TikTok Shop. Ini akan memberi Anda pembaruan tentang proses retur.

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Barang yang Saya Beli di TikTok Shop Tidak Sesuai?

Jika barang yang Anda beli di TikTok Shop tidak sesuai, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengajukan retur. Pastikan untuk memberikan alasan yang jelas mengapa produk tersebut tidak sesuai.

Prosedur Pengembalian Barang di TikTok Shop Versi Terbaru 2023

Prosedur pengembalian barang di TikTok Shop versi terbaru 2023 adalah seperti yang telah dijelaskan di atas. Selalu periksa panduan yang ada dalam aplikasi TikTok Shop karena peraturan dan tata cara dapat berubah dari waktu ke waktu.

Cara Mengembalikan Produk yang Dibeli di TikTok Shop pada Tahun 2023

Cara mengembalikan produk yang dibeli di TikTok Shop pada tahun 2023 adalah dengan mengikuti panduan retur dalam aplikasi TikTok. Pastikan untuk mengikuti semua langkah dengan cermat.

Apakah Ada Aturan Khusus untuk Retur Barang di TikTok Shop Tahun 2023?

TikTok Shop memiliki pedoman retur yang harus diikuti oleh pembeli dan penjual. Pastikan untuk memahami aturan ini sebelum melakukan retur. Pedoman ini dapat ditemukan dalam aplikasi TikTok Shop.

Dapatkah Saya Melakukan Retur Barang di TikTok Shop Jika Barangnya Rusak?

Ya, Anda dapat melakukan retur barang di TikTok Shop jika barang yang Anda terima rusak atau tidak sesuai. Pastikan untuk mengikuti panduan yang telah disediakan oleh TikTok Shop untuk retur barang yang rusak.

Apakah Ada Biaya yang Terkait dengan Retur Barang di TikTok Shop?

Biaya retur barang di TikTok Shop mungkin bervariasi tergantung pada perjanjian antara pembeli dan penjual. Beberapa penjual mungkin menanggung biaya retur, sementara yang lain mungkin menarik biaya retur kepada pembeli. Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan penjual sebelum melakukan retur.

Dengan memahami langkah-langkah retur, aturan, dan prosedur pengembalian barang di TikTok Shop, Anda dapat dengan mudah mengelola retur produk yang mungkin perlu Anda lakukan pada tahun 2023.

🌐 Sumber

Kompas – Cara Retur Barang di TikTok Shop dengan Mudah

CNBC Indonesia – TikTok Shop Tutup di RI, Ini Cara Refund Barang yang Dibeli

Fortune IDN – Cara Retur Barang di TikTok Shop Mudah dan Antiribet

TikTok Seller University – Pedoman Pembatalan Pesanan, Pengembalian Produk, dan Pengembalian Dana

Terima kasih atas partisipasi Anda dalam komunitas TikTok Shop. Semoga Anda memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan positif di platform kami.

Catatan: Pedoman ini mungkin berubah seiring waktu. Untuk memastikan Anda memiliki versi pedoman yang paling mutakhir, Anda dapat mengunjungi halaman resmi TikTok Shop atau melihat pembaruan di Seller Center.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *