Banner kesbanpol2 2024

Pemda Pohuwato dan Parigi Moutong Bangun Sinergi Kendalikan Inflasi

waktu baca 3 menit

Pemda Pohuwato dan Parigi Moutong Bangun Sinergi Kendalikan Inflasi – Pemerintah Kabupaten Pohuwator dan Parigi Moutong, membangun sinergi dalam rangka menggagas terkait pengendalian inflasi ekonomi.

Kedatangan rombongan Kunjungan Pemda Pohuwato, diterima langsung Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parigi Moutong, Ir. Lewis, di ruang Rapat Bupati, belum lama ini.

Pemda Pohuwato melalui Kabag Pemerintahan, Anugerah Wenas, saat beraudiensi dengan Pemda Parigi Moutong mengatakan, Adapun tujuan kunjungan ini terutama terkait dengan komoditi hasil pertanian yang sering mengalami kekurangan pada musim-musim tertentu di Kabupaten Pohuwato.

Menurut Anugerah, hal ini menimbulkan gejolak harga pasar yang sangat luar biasa, sehingga pemerintah Pohuwato harus dapat mengendalikan lonjakan harga di pasar. Dengan melihat data bahwa Kabupaten Parigi Moutong memiliki produksi penghasil beras nomor 5 terbesar di Pulau Sulawesi.

“Parigi Moutong memiliki komuditas pertanian dan sebagai daerah penghasil bawang, rica, dan tomat. Oleh karena itu, kami dari Pemda Pohuwato melakukan penjajakan ke daerah ini (red- Parigi Moutong) untuk melakukan kerja sama dalam rangka mengendalikan inflasi,” katanya.

Anugerah menambahkan, bahwa kerja sama yang ingin dibangun tidak hanya pada sektor hortikultura, melainkan juga kerja sama di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, pariwisata, dan perhubungan.

“Dengan kerja sama itu nantinya, bisa diwujudkan kesepakatan bersama melalui MoU,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parigi Moutong, Ir. Lewis, menyambut kedatangan Pemda Pohuwato dan mengatakan kunjungan tersebut sangat positif. Sebab, secara teknis Parigi Moutong juga menginginkan sinergitas antar wilayah bisa terjalin.

Menurut Ir. Lewis, solusi yang kongkrit adalah menghadirkan Perusahaan Daerah (Perusda) dengan dukungan regulasi serta kesiapan sumber daya manusia yang baik untuk mengelola aset daerah dan menambah pendapatan dari sektor-sektor riil unggulan.

“Hal ini nantinya akan diimplementasikan dalam bentuk MOU yang segera diupayakan oleh kedua Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Lanjut Ir. Lewis, Adapun Bentuk kerjasama kedua daerah ini nantinya akan saling mengisi apabila ada surplus hasil komoditi dan kelangkaan stok pangan. Begitu pula sektor pendidikan dan kesehatan akan lebih ditingkatkan untuk akses serta infrastrukturnya terhadap pelayanan masyarakat yang berada di ujung Utara Kabupaten Parigi Moutong berbatasan langsung dengan Kabupaten Pohuwato.

Dalam hal kerja sama daerah, Ir. Lewis menjelaskan secara sistematis tentang ruang lingkup dan tatakelola pemerintahan Parigi Moutong, khususnya program strategis pembangunan dan peluang investasi yang berorientasi pada Governance to Government untuk mencapai kebijakan berbasis pada pemusatan kesejahteraan yang berkelanjutan.

“Tentunya, hubungan kerja sama antar daerah saat ini merupakan solusi untuk mengentaskan kemiskinan, terutama tekanan inflasi dengan mendorong kemandirian usaha dari Masyarakat yang disesuaikan dengan karakteristik daerah itu sendiri,” tutupnya.

Pemda Pohuwato dan Parigi Moutong Bangun Sinergi Kendalikan Inflasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *