GIF-banner-2024

Pemkab Sigi Giatkan Anggaran Pembangunan: Program Prioritas Terdepan

waktu baca 2 menit
Foto: Sekretaris Daerah Sigi, Nuim Hayat saat kegiatan penandatanganan anggaran dan rapat di DPRD SIgi, Senin 22 April 2024. (Aswadin)

Pemkab Sigi Giatkan Anggaran Pembangunan: Program Prioritas Terdepan

Sulawesitoday – Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kembali menggarap anggaran untuk memprioritaskan program pembangunan daerah.

Langkah ini menjadi fokus utama dalam rapat penanganan program prioritas yang menyatukan beragam kebutuhan pembangunan desa/kelurahan dengan visi pembangunan Kabupaten Sigi.

Keterlibatan Aktif Pemerintah Daerah

Dalam keterangan Sekretaris Daerah Sigi, Nuim Hayat, di Sigi Senin 22 April 2024, program tersebut bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan di masa mendatang.

“Kami mengharapkan masukan dari semua pemerintah desa, kecamatan, serta berbagai organisasi perangkat daerah untuk membentuk program pembangunan yang efektif,” ujarnya.

Kontribusi Berbagai Pihak

Menurut Nuim, setiap usulan dari tingkat desa, kecamatan, hingga organisasi perangkat daerah menjadi dasar pembahasan selanjutnya.

“Diskusi kolaboratif sangat penting dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat,” tambahnya.

Fokus pada Capaian Pembangunan

Berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulteng, capaian pembangunan daerah terus dipantau.

Sulteng mencatat angka 11,31 persen, sedangkan Kabupaten Sigi mengalami peningkatan menjadi 3,37 persen pada tahun 2023.

Kunci Keberhasilan: Keterlibatan Seluruh Pihak

Sitti Ulfah dari Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sigi, menekankan pentingnya pertemuan ini dalam menyusun rencana aksi.

“Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) menjadi landasan untuk mengetahui kebutuhan daerah ke depan,” ujarnya.

Strategi Terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

Ulfah menyoroti isu strategis terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM). “OPD di Sigi harus memahami indeks tersebut untuk meningkatkan pendapatan dan menekan angka kemiskinan,” sebutnya.

Dengan langkah-langkah yang terstruktur, Pemkab Sigi bertekad mengoptimalkan pembangunan demi kesejahteraan masyarakatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *