GIF-banner-2024

Pencanangan kampung keluarga berkualitas dipusatkan di Kecamatan Palasa

waktu baca 2 menit
Pencanangan kampung keluarga berkualitas dipusatkan di Kecamatan PalasaPencanangan Kampung Keluarga Berkualitas tahun ini dipusatkan Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parimo), di Kecamatan Palasa bersamaan dengan upaya penguatan kelembagaan Kecamatan, Kelurahan, atau Desa Layak Anak.

Pencanangan kampung keluarga berkualitas dipusatkan di Kecamatan Palasa

Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas tahun ini dipusatkan Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parimo), di Kecamatan Palasa bersamaan dengan upaya penguatan kelembagaan Kecamatan, Kelurahan, atau Desa Layak Anak.

Pj Bupati Parimo, Richard Arnaldo mengatakan, program Kampung Keluarga Berkualitas bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup Masyarakat di tingkat kampung. Program ini juga bertujuan untuk mendukung pembangunan keluarga dan sektor-sektor lainnya guna mewujudkan keluarga kecil yang Berkualitas.

“Kampung Keluarga Berkualitas secara khusus dibentuk untuk melibatkan semua pihak dalam mendampingi dan membina Masyarakat, dalam pelaksanaan program kependudukan, pembangunan keluarga, dan sektor terkait,” katanya baru – baru ini.

Dalam pencanangan Kampung Berkualitas itu, Richard turut menekankan pendekatan pembangunan yang bersifat universal dan terpenting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta memperkuat pemberdayaan institusi keluarga. Oleh karena itu, upaya pelaksanaan program ini perlu didorong di setiap Desa atau Kelurahan.

Selain itu, terkait dengan kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA), untuk mensinergikan sumber daya Pemerintah, Masyarakat, dan Dunia Usaha, memastikan pemenuhan hak-hak anak serta perkembangan pembangunan saat ini selaras dengan pengembangan KLA.

“Dari 23 Kecamatan di Parigi Moutong, sudah 20 Kecamatan yang telah melaksanakan sosialisasi dan deklarasi Kecamatan, Kelurahan, Desa layak Anak. Sisanya, tinggal tiga kecamatan akan kita laksanakan tahun depan. Olehnya itu, saya mengajak kepada semua yang hadir untuk saling mendukung dan bersinergi demi kepentingan terbaik bagi anak, karena semua anak adalah anak kita,” pintanya.

Kabupaten Parimo telah mendapatkan predikat KLA oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sejak tahun 2019, dan kembali memperoleh predikat tersebut pada tahun 2021, 2022, dan yang terbaru adalah pada tahun 2023 dengan predikat Pratama.

“Harapannya adalah agar penilaian evaluasi KLA tahun 2024 di Parigi Moutong dapat meningkat, dan partisipasi dari Kecamatan, Kelurahan, dan Desa sangat diharapkan untuk memenuhi semua indikator yang telah ditetapkan oleh Kementerian,” harapnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *