GIF-banner-2024

Penganugerahan K1S Awards 2023: Sulteng raih penghargaan prestisius

waktu baca 3 menit
Penganugerahan K1S Awards 2023: Sulteng raih penghargaan prestisiusKementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) menggelar Penganugerahan Kementerian Keuangan Satu Sulawesi Tengah (K1S) Awards 2023 di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng pada Rabu 15 November 2023.

Penganugerahan K1S Awards 2023: Sulteng raih penghargaan prestisius

Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) menggelar Penganugerahan Kementerian Keuangan Satu Sulawesi Tengah (K1S) Awards 2023 di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng pada Rabu 15 November 2023.

Acara ini menjadi saksi keberhasilan sejumlah pemerintah kabupaten dan instansi vertikal dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kinerja Ekonomi Sulawesi Tengah Meningkat Pesat

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu Sulteng, Yuni Wibawa, mengungkapkan penghargaan ini bukan hanya sebagai bentuk apresiasi.

“Penghargaan juga sebagai upaya penguatan kolaborasi, budaya, dan sistem dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” sebutnya.

Meskipun terjadi eskalasi politik global, ekonomi Sulawesi Tengah berhasil tumbuh sebesar 13,06 persen pada kuartal ketiga tahun 2023.

Penerima Penghargaan K1S Awards 2023

Pada acara tersebut, sebanyak 14 pemerintah daerah (pemda) menerima penghargaan kategori Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pemda yang meraih WTP antara lain Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Banggai, Banggai Laut, Buol, Morowali, Morowali Utara, Parigi Moutong, Poso, Kota Palu, Sigi, Tojo Unauna, dan Tolitoli.

Prestasi Unit Vertikal dalam Penilaian IKPA

Penilaian indikator pelaksanaan kinerja anggaran (IKPA) semester I tahun anggaran 2023 untuk unit vertikal menghasilkan pemenang terbaik, yaitu Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, disusul oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulteng.

Capaian Tinggi dari Satuan Kerja dan KPPN

Satker dengan nilai IKPA 100, termasuk Pengadilan Negeri Poso, Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tolitoli, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Buol, dan Kementerian Agama Kabupaten Banggai Kepulauan.

Sementara itu, peringkat IKPA KPPN sebagai Bendahara Umum Negara periode Semester I 2023 diraih oleh KPPN Tolitoli (juara I), KPPN Poso (juara II), KPPN Palu (juara harapan I), dan KPPN Luwuk (juara harapan II).

Apresiasi Gubernur Sulteng untuk Sinergi dan Kolaborasi

Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, memberikan apresiasi tinggi terhadap sinergi dan kolaborasi antara Kementerian Keuangan Sulteng, Bupati, Walikota, serta semua pihak terkait.

Menurutnya, kerja sama yang kuat tersebut telah membawa hasil positif, terbukti dengan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah yang mencapai 13,06 persen pada kuartal ketiga tahun 2023.

Pertumbuhan Ekonomi dan Kinerja Fiskal yang Positif

Rusdy Mastura menyoroti pertumbuhan ekonomi yang kuat, terutama di sektor industri pengolahan yang mengalami kenaikan sebesar 27,9 persen.

Kinerja fiskal juga menunjukkan tren positif dengan pendapatan APBN yang tumbuh 6,67 persen dan belanja yang meningkat 11,81 persen year on year.

Dari sisi APBD, kinerja yang menggembirakan terlihat dari pertumbuhan pendapatan sebesar 3,72 persen dan belanja sebesar 7,40 persen year on year.

Penganugerahan K1S Awards 2023 bukan hanya sekadar acara penghargaan, melainkan refleksi kesuksesan kolaborasi dan upaya bersama dalam mengelola keuangan daerah.

Prestasi pemda, unit vertikal, satker, dan KPPN memberikan gambaran positif tentang kemajuan Sulawesi Tengah dalam mengoptimalkan anggaran dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Sinergi antara pemerintah pusat, daerah, dan instansi terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *