GIF-banner-2024

Penyaluran Bantuan Pangan Sigi untuk Tekan Angka Stunting di Dolo Selatan

waktu baca 2 menit
Foto: Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), mengirimkan bantuan pangan guna menangani kasus stunting di Kecamatan Dolo Selatan. (Amirullah)

Penyaluran Bantuan Pangan Sigi untuk Tekan Angka Stunting di Dolo Selatan

Sulawesitoday – Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), mengirimkan bantuan pangan guna menangani kasus stunting di Kecamatan Dolo Selatan.

Penyaluran bantuan ini merupakan langkah lanjutan dalam usaha menurunkan angka stunting di Kecamatan Dolo Selatan, khususnya di Desa Poi dan Wisolo, ungkap Kepala Disperindag Sigi, Agus Munandar.

Tanggapan Terhadap Keputusan Gubernur

Agus menjelaskan bahwa penyaluran bantuan sesuai dengan Keputusan Gubernur Sulteng Nomor 400.9.14/24/BAPPEDA-G.ST/2024 tentang Lokasi Sasaran dan Orang Tua Asuh Program Terpadu Percepatan Penurunan Stunting dan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Perangkat Daerah Tahun 2024 di Kabupaten Sigi.

Peran Disperindag dalam Penanganan Stunting

Pihaknya, bersama Disperindag Sulteng, bertugas mendampingi dua desa di Dolo Selatan dalam penanganan stunting.

Agus menegaskan bahwa penanganan stunting tidak hanya menjadi tanggung jawab tenaga kesehatan, melainkan tanggung jawab bersama, terutama pemerintah.

Bantuan yang Diberikan untuk Reduksi Stunting

Bantuan yang diberikan meliputi susu untuk ibu hamil, serta susu dan vitamin untuk balita. Harapannya, bantuan ini mampu mengurangi angka stunting di Kabupaten Sigi, terutama di Desa Poi dan Desa Wisolo, Kecamatan Dolo Selatan.

Menurut data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2023, Kabupaten Sigi masih memiliki tingkat stunting yang tinggi, mencapai 36,8 persen.

Sementara itu, prevalensi stunting di Sulawesi Tengah secara keseluruhan masih mencapai 28,2 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *