GIF-banner-2024

Polres Touna Gagalkan Aksi Balap Liar, 34 Motor Tak Sesuai Spektek Diamankan

waktu baca 2 menit
Foto: Operasi Ketupat Tinombala 2024 yang digelar, Selasa 16 April 2024 berhasil mengamankan 34 unit motor yang tidak sesuai spesifikasi teknik dan knalpot yang tidak memenuhi ketentuan. (Aswadin)

Polres Touna Gagalkan Aksi Balap Liar, 34 Motor Tak Sesuai Spektek Diamankan

Sulawesitoday – Polres Touna menegaskan komitmennya dalam menindak tegas aksi balap liar yang meresahkan masyarakat, terutama di bulan Ramadhan dan masa mudik Lebaran.

Operasi Ketupat Tinombala 2024 yang digelar, Selasa 16 April 2024 berhasil mengamankan 34 unit motor yang tidak sesuai spesifikasi teknik dan knalpot yang tidak memenuhi ketentuan.

Respon Terhadap Keluhan Masyarakat

Kapolres Touna, AKBP Ridwan J. M. Hutagaol, SIK.SH., mengungkapkan bahwa tindakan ini sebagai tanggapan atas keluhan masyarakat yang semakin meningkat terkait maraknya balap liar. Keluhan ini banyak disampaikan melalui media sosial, yang menunjukkan kekhawatiran akan keselamatan dan ketertiban umum.

“Kami menindaklanjuti keresahan masyarakat, yang mengeluhkan rutinitas remaja yang berada di jalan umum yang sering dijadikan balap liar,” ujar AKBP Ridwan.

Penangkapan Tanpa Celah

Petugas lapangan bertindak cepat dengan menutup akses jalan sebelum membubarkan para pembalap liar, memastikan tidak ada pelarian. Dari 34 motor yang diamankan, mayoritas melanggar dengan menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi dan tidak dilengkapi plat nomor.

Penindakan Sesuai Hukum

Kapolres Touna menegaskan bahwa semua kendaraan yang melanggar akan ditilang sesuai dengan pelanggaran yang ada. Proses pengambilan kendaraan akan dilakukan setelah Hari Raya dengan syarat membawa kelengkapan dokumen kendaraan dan mengembalikan kendaraan sesuai standar pabrik.

“Selain itu harus didampingi orang tua, bagi yang masih pelajar untuk membuat surat pernyataan tidak mengulangi pelanggaran lagi,” tambah Kapolres Touna.

Tindakan ini menjadi peringatan bagi para pelaku balap liar untuk tidak mengganggu ketertiban umum serta mengedepankan keselamatan dalam berkendara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *