Banner kesbanpol2 2024

Proyek Infrastruktur Sulawesi Tengah: Langkah Strategis Menuju Pembangunan Terpadu”

waktu baca 2 menit
Proyek Infrastruktur Sulawesi Tengah: Langkah Strategis Menuju Pembangunan Terpadu"

Proyek Infrastruktur Sulawesi Tengah: Langkah Strategis Menuju Pembangunan Terpadu”

Sulawesitoday– Langkah strategis dalam pembangunan infrastruktur Sulawesi Tengah terus diupayakan dengan serangkaian kunjungan kerja (kunker) Presiden RI Joko Widodo ke provinsi tersebut. Dalam rapat persiapan yang diikuti secara virtual oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi fokus utama untuk mewujudkan pembangunan yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Merintis Pembangunan: Sinergi Pusat-Daerah dalam Arah Pembangunan Bersama

Rapat persiapan, yang dipimpin oleh Biro Protokol Presiden RI, menegaskan komitmen Presiden Jokowi dalam merintis pembangunan yang merata di berbagai daerah. Rencana kunjungan ke Kabupaten Banggai Kepulauan untuk meresmikan proyek ruas jalan IJD (Inpres Jalan Daerah) dan meninjau Pasar Salakan menunjukkan perhatian serius pemerintah terhadap konektivitas dan perekonomian lokal.

Menurut Muhammad Saiful dari Biro Protokol Presiden RI, kunjungan ini juga akan melibatkan meresmikan lima bandara baru di sejumlah daerah. Langkah ini tidak hanya meningkatkan aksesibilitas, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru di wilayah tersebut.

Penguatan Infrastruktur: Investasi dalam Kemajuan Daerah

Hari kedua kunker Presiden Jokowi menyoroti pembangunan infrastruktur maritim dan irigasi di Sulawesi Tengah. Dengan didampingi Gubernur Rusdy Mastura, Presiden meresmikan proyek pembangunan KSOP Teluk Palu dan rehabilitasi D.I Gumbasa. Langkah ini diharapkan akan meningkatkan kesiapan wilayah dalam menghadapi tantangan ekonomi dan lingkungan yang semakin kompleks.

Selain itu, kunjungan ke Kabupaten Toli-Toli untuk meninjau RSUD Mokopido dan Gudang Bulog, serta penyerahan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD), menegaskan komitmen pemerintah dalam memastikan ketersediaan layanan kesehatan dan kebutuhan pangan bagi masyarakat.

Kesimpulan: Mewujudkan Pembangunan yang Berkelanjutan

Kunker Presiden Jokowi tidak hanya menjadi momentum politik, tetapi juga kesempatan untuk memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Koordinasi yang intensif antara pihak terkait menjadi kunci dalam menjamin kesuksesan setiap langkah pembangunan, yang pada akhirnya diharapkan akan memberikan dampak positif bagi kemajuan Sulawesi Tengah secara menyeluruh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *