Strategi Digitalisasi Ditjen Imigrasi, Kanwil Kemenkumkam Sulteng: Transformasi Peran Keimigrasian 

waktu baca 2 menit
Strategi Digitalisasi Ditjen Imigrasi, Kanwil Kemenkumkam Sulteng: Transformasi Peran Keimigrasian. Foto: Humas Kemenkkumham Sulteng

Sulawesitoday – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke-74 Tahun 2024 di Halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, Jumat 26 Januari 2024.

Dalam sambutannya, Hermansyah membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly. 

Ia memberikan apresiasi terhadap prestasi Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Im) selama 74 tahun, menghadapi berbagai tantangan dan mencapai pencapaian gemilang. 

Menyoroti era revolusi industri 4.0, Hermansyah menekankan pentingnya pengembangan sumber daya manusia secara kontinu untuk menghadapi perkembangan global. 

Ia juga mengimbau agar sinergitas dan kolaborasi dengan Kementerian dan Lembaga terus ditingkatkan dalam penunaian tugas dan fungsi keimigrasian.

“Dalam melaksanakan kebijakan demi kepentingan publik, kita harus terus melayani rakyat Indonesia serta memperkuat ketahanan ekonomi, sejalan dengan fungsi keimigrasian sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Hermansyah menekankan bahwa keimigrasian telah menjelma menjadi lebih baik dengan prestasi cemerlang dalam peningkatan layanan kepada masyarakat dan pengembangan teknologi terkini.

“Pencapaian terbesar Ditjen Im tercatat pada tahun 2023 dengan penerimaan negara bukan pajak mencapai 320%, mencapai PNBP terbesar sebesar 7,5 triliun rupiah. Ini menjadi kontribusi besar dalam percepatan perekonomian nasional,” ungkap Hermansyah.

Di akhir kegiatan, Hermansyah menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran keimigrasian dan menegaskan kembali pentingnya sinergitas dan kolaborasi untuk merespon tantangan di era digital ini. 

“Sinergitas dan kolaborasi harus terus ditingkatkan, karena kita semua merupakan bagian dari perekat dan pemersatu bangsa,” pungkasnya.

Topik terkait
Aswadin
Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *