Banner kesbanpol2 2024

Upacara Melasti di Palu Memperingati Nyepi Tahun Baru Saka 1945

waktu baca 2 menit
Upacara Melasti Jelang Nyepi di Palu

Upacara Melasti di Palu Memperingati Nyepi Tahun Baru Saka 1945

Sulawesitoday-Puluhan umat Hindu di Palu, Sulawesi Tengah, merayakan ritual Melasti dengan penuh kekhidmatan pada hari Minggu (10/3/2024) di Pura Melasti Pantai Dupa.

Ritual yang digelar sehari sebelum perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 tersebut bertujuan untuk meningkatkan Sradha dan Bhakti kepada para Dewata sebagai manifestasi Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam ritual yang dihadiri oleh para umat Hindu setempat, sesajen disiapkan sebagai persembahan kepada para Dewata. Melalui prosesi Melasti, umat Hindu berharap dapat menghanyutkan penderitaan masyarakat, menghilangkan papa klesa, dan mencegah kerusakan alam.

Pantai Dupa dipilih sebagai lokasi pelaksanaan ritual Melasti karena keindahan alamnya yang memberikan suasana spiritual yang mendalam bagi umat Hindu dalam menjalankan ibadah mereka. Dengan penuh kesungguhan, umat Hindu mempersembahkan doa-doa dan memohon keselamatan serta keberkahan bagi diri mereka dan masyarakat luas.

Dalam suasana yang khusyuk, para peserta ritual Melasti menggambarkan komitmen mereka dalam menjaga tradisi dan kepercayaan agama Hindu. Upacara ini tidak hanya menjadi ajang ibadah, tetapi juga menjadi momen untuk mempererat tali persaudaraan antarumat beragama di tengah masyarakat Palu yang multikultural.

Ritual Melasti ini mencerminkan pentingnya keberagaman budaya dan religi di Indonesia, di mana setiap kelompok agama memiliki kebebasan untuk menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan dan tradisi mereka. Dengan berlangsungnya upacara Melasti ini, diharapkan semangat perdamaian dan harmoni antarumat beragama semakin menguat di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *