Banner kesbanpol2 2024

Parigi Moutong Gencarkan Vaksinasi Hewan Jelang Ramadhan 2024

waktu baca 2 menit
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Parigi Moutong telah menarik perhatian banyak pihak dengan melaksanakan program vaksinasi hewan menjelang hari besar keagamaan.Program ini dianggap sebagai inisiatif penting dalam upaya perlindungan dan pengawasan kesehatan ternak, seperti yang dilaporkan oleh Ibu Normawati M Said, Sekdis PKH Parigi Moutong, Jumat 8 Maret 2024. Foto:

Parigi Moutong Gencarkan Vaksinasi Hewan Jelang Ramadhan 2024

Sulawesitoday – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Parigi Moutong telah menarik perhatian banyak pihak dengan melaksanakan program vaksinasi hewan menjelang hari besar keagamaan.

Program ini dianggap sebagai inisiatif penting dalam upaya perlindungan dan pengawasan kesehatan ternak, seperti yang diungkapkan Normawati M Said, Sekdis PKH Parigi Moutong, Jumat 8 Maret 2024.

Menurut Ibu Normawati, program vaksinasi hewan tersebut telah berlangsung sejak tahun 2023 dan memiliki jadwal serta tahapan tersendiri.

“Ada dua jenis vaksin untuk sapi, yang diberikan bulanan dan yang diberikan setiap enam bulan,” jelasnya.

Hal ini menunjukkan komitmen serius pemerintah setempat dalam menjaga kesehatan hewan ternak yang merupakan aset penting bagi masyarakat peternak.

Salah satu aspek menarik dari program ini adalah pelaksanaan sebelum memasuki Ramadhan dan sebelum hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dan idul adha.

Selain itu, kegiatan pemotongan dan penjualan juga menjadi momen penting yang didahului oleh pemeriksaan kesehatan hewan melalui post Portem dan ante mortem.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk menentukan apakah hewan tersebut layak untuk dikonsumsi atau tidak,” tegasnya.

Normawati menjelaskan, ini dilakukan hampir setiap tahun oleh seluruh Kabupaten Parigi Moutong, didukung oleh para penyuluh di lapangan yang secara aktif melaksanakan vaksinasi ini.

“Sebelum hari raya, dilakukan post mortem dan ante mortem sehingga sebelum disembelih dan setelah disembelih, hewan-hewan tersebut telah diperiksa dengan cermat,” tuturnya.

“Oleh karna itiu, vaksinasi hewan ini bukan hanya sekadar upaya untuk menjaga kesehatan ternak, tetapi juga sebagai langkah untuk memastikan kualitas produk hewan yang dihasilkan,” pungkasnya.

Keberlangsungan program vaksinasi ini membuktikan keseriusan pemerintah dalam memberikan perlindungan maksimal bagi masyarakat peternak dan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *