Banner DLH 2024,d

Wakapolda Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

waktu baca 2 menit
Wakapolda Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

Wakapolda Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

Sulawesitoday– Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, SIK, SH, MH, mewakili Kapolda Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala-2024 di Lapangan Apel Polda Sulteng, Rabu (3/4/2024) Sore. Apel ini merupakan tahapan pengecekan akhir kesiapan dalam pengamanan mudik dan perayaan Idul Fitri 1445 H.

Kesiapan Teruji Operasi Ketupat 2024

Menurut Wakapolda Sulteng, apel ini menegaskan komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan para pemangku kepentingan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama periode mudik dan perayaan Idul Fitri 1445 H. “Kami menekankan sinergi dan koordinasi antara satgas pusat, daerah, dan pemangku kepentingan terkait guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” kata Wakapolda.

Peningkatan Potensi Pergerakan Masyarakat

Dalam amanatnya yang dibacakan, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, mengungkapkan peningkatan potensi pergerakan masyarakat sebesar 56,4% dari tahun sebelumnya. “Tahun ini diperkirakan terdapat 193,6 juta pemudik, oleh karena itu, koordinasi dan kesiapan operasional harus ditingkatkan,” tegas Kapolri.

Tindakan Preventif dari Pemerintah

Presiden Joko Widodo menyoroti peningkatan signifikan jumlah pemudik. “Saya mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal sebagai tindakan preventif,” ujarnya. Operasi Ketupat 2024 melibatkan 155.165 personel dari TNI-Polri serta pihak terkait.

Pengamanan Tepat Sasaran

Kabidhumas Polda Sulteng menjelaskan bahwa 3.030 personel akan dikerahkan dalam pengamanan Idul Fitri 1445 H. “Kami telah mendirikan 93 Pos Operasi untuk memberikan pelayanan dan pengamanan maksimal,” ungkapnya.

Imbauan kepada Masyarakat

Djoko, dalam koordinasi dengan pihak terkait, memprediksi puncak arus mudik terjadi antara tanggal 5 hingga 8 April 2024. Masyarakat diimbau untuk mempersiapkan rencana mudik dengan baik dan mematuhi aturan lalu lintas demi mewujudkan “Mudik Aman, Ceria, penuh makna.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *