Banner kesbanpol2 2024

Gempa 7,4 SR Guncang Ishikawa, Jepang: Retakan Besar dan Ancaman Tsunami

waktu baca 2 menit
Gempa bumi 7,4 SR melanda Jepang, warga berhamburan keluar rumah pada Senin (1/1/2024). FOTO: tangkap layar Independent

Sulawesitoday – Pada Senin 1 Januari 2024, Jepang diguncang oleh gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter yang mengakibatkan retakan besar di sejumlah wilayah Ishikawa. Gempa tersebut menyebabkan gelombang gempa susulan yang kuat melanda Laut Jepang hanya satu jam setelah kejadian awal.

Ishikawa kini berada di bawah peringatan tsunami besar, sementara peringatan tingkat rendah telah dikeluarkan untuk wilayah pesisir barat laut pulau Honshu. Kota Ishikawa mengalami kerusakan serius, dengan jalan-jalan retak dan terbelah dua. Penduduk evakuasi dari tempat tinggal mereka, menghindari bangunan yang berpotensi roboh akibat gempa susulan yang masih terus terjadi.

Melalui gambar-gambar yang beredar di media sosial, terlihat suasana panik ketika gempa terjadi. Beberapa orang terlihat berlindung di bawah meja yang goyang, sedangkan beberapa rumah dilaporkan rusak parah.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, menekankan perlunya tindakan cepat dan menyeluruh untuk mencegah lebih banyak kerusakan. Kishida mendesak pihak berwenang untuk segera mengambil langkah-langkah evakuasi guna melindungi nyawa penduduk. Hayashi Yoshimasa, juru bicara pemerintah, menyampaikan dalam konferensi pers darurat bahwa pemerintah masih melakukan evaluasi tingkat kerusakan dan memberikan peringatan kepada warga agar tetap waspada terhadap kemungkinan gempa lanjutan.

Saat ini, pihak berwenang terus memantau situasi sambil menginstruksikan penduduk untuk bersiap menghadapi kemungkinan gempa lebih lanjut. Informasi terkini akan terus diperbarui seiring perkembangan situasi.

Baca juga: Apakah Meteorit Allan Hills 84001 menyimpan kunci asal usul kehidupan di Mars?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *