Koramil 1306-08/Parigi menjadi pelopor  dalam membangun bersih bersih pemukiman melalui Juma’at bersih

waktu baca 3 menit
Koramil 08 Parigi foto: TNI bersama warga lakukan pembersihan saluran air di Parigi

Parigi-Ciptakan Kemanunggalan, TNI Bersama Warga dan anggota kepolisian Laksanakan Kerja Bakti. Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat adalah Gotong royong kerja bakti.

Kegiatan yang biasa dilakukan ditengah masyarakat secara bersama-sama salah satunya adalah  kerja bakti baik itu berupa membangun infrastruktur ataupun membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

Seperti yang dilakukan oleh TNI (Babinsa) Koramil 08/Parigi Kodim 1306 Kota Palu, yang dipimpin langsung Danramil Kapten Inf Syamsur Alam dengan tekad kemanunggalan TNI bersama Rakyat begitu nampak dan benar-benar nyata. Hal tersebut terbukti saat Babinsa dengan sepenuh hati dan semangat membantu masyarakat melaksanakan kerja bakti berupa pembersihan  bahu jalan sepanjang -+ 300 M dan sungai sepanjang -+ 200 Meter yang terletak di  RT I dan RT II Kel. Maesa Kec. Parigi Kab. Parimo, Jum’at, 12-01- 2024.

Dalam keterangannya Danramil 08 Parigi mengatakan bahwa

Menindak lanjuti program TNI AD

Tni mencoba menjadi pelopor mebangkitkan kembali,  “Kegiatan gotong-royong ini  yg menjadi budaya nenek moyang kita dan salah satu bakti nyata sekaligus penguatan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan instansi Kepolisian. Kegiatan Karya Bakti sebagai implementasi dari pembinaan teritorial, hal itu sudah menjadi bagian dari Tugas pokok TNI AD khususnya Babinsa sebagai ujung tombak aparat teritorial kewilayahan”

“TNI selalu siap membantu dan bersama masyarakat, karena tugas pokok TNI selain melakukan Operasi Militer Perang (OMP) juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang mana ikut membantu pemerintah dalam rangka mengawal pembangunan dan memajukan suatu wilayah dalam kegiatan nyata seperti yang kita laksanakan saat ini berupa kerja bakti,” ucap Kapten Syamsur Alam

Sasaran Kerja Bakti kali ini difokuskan pada  pembersihan bahu jalan yakni pada sektor kanan kiri jalan dan pembersihan rumput liar serta sampah yang terbawa oleh arus sungai.

Dalam kesempatan itu Jimi Liando Kawulur, SH mengatakan tujuan dari diadakannya kegiatan bersih-bersih ini adalah untuk menjadikan  lingkungan agar selalu bersih, asri, nyaman dan sehat serta apabila terjadi curah hujan yang cukup tinggi sungai yang berada diwilayah kita ini tidak meluap dan mengakibatkan banjir. Oleh karena itu saya berharap  dengan adanya kegiatan ini berarti kita telah menjaga  lingkungan agar terhindar dari penyakit terutama “DEMAM BERDARAH (DBD),” ucap Lurah.

Lebih lanjut beliau mengatakan “bahwa selain untuk menjaga kebersihan,  kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di Kelurahan Maesa ini,” jelasnya.

Topik terkait

Adapun yang hadir pada kegiatan tersebut antara lain: Danramil Kapten Inf Syamsur Alam, AKP M. Arifin, SH, Anggota Babinsa Koramil 08 Parigi, Lurah Maesa Jimi Liando Kawulur, SH, Anggota Polsek Parigi, Aparat Kelurahan dan  Warga 80 orang.

Autentikasi : Koramil 08 Parigi

Baca juga: Transformasi Sertifikat Tanah Elektronik di Indonesia: Kemudahan bagi Masyarakat di 13 Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *