Menyelami Kelezatan 5 Minuman Khas Makassar yang Wajib Dicoba

waktu baca 3 menit
Jelajahi beragam tempat wisatanya yang memikat hati, dan nikmati keindahan kulinernya yang tak kalah menarik. Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi lima minuman khas Makassar yang wajib dicoba untuk melengkapi pengalaman liburan Anda. Foto: tangkapan layar instagram

Sulawesitoday- Makassar, sebuah kota yang memikat dengan pesona alamnya yang memukau, tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, tetapi juga kekayaan kuliner yang unik. Jelajahi beragam tempat wisatanya yang memikat hati, dan nikmati keindahan kulinernya yang tak kalah menarik. Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi lima minuman khas Makassar yang wajib dicoba untuk melengkapi pengalaman liburan Anda.

  • Pallu Butung: Sensasi Manis Nan Gurih

Pallu Butung, minuman dengan nama yang unik ini, menggoda selera dengan campuran bubur tepung beras dan pisang raja yang disempurnakan dengan sirup. Cocok dinikmati di saat lapar, Pallu Butung dapat disajikan hangat dengan kuah santan atau menyegarkan dengan es. Jika Anda berkunjung selama bulan puasa, minuman ini menjadi favorit para pengunjung.

Tempat Tersedia: Aroma Polo, Jalan A. Mappanyukki No. 66, Kota Makassar.

  • Sirup Pisang Ambon: Merahnya Cinta Makassar

Sirup Pisang Ambon, juga dikenal sebagai sirup DHT, menawarkan warna merah menyala yang mengundang selera. Dengan rasa pisang ambon yang khas, sirup ini kerap menjadi pilihan saat berbuka puasa. Jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang sirup ini sebagai oleh-oleh khas Makassar.

Topik terkait

Tempat Pembelian: Perum. Citra Estate, Blok D2/49, Kota Makassar.

  • Sarabba: Kesejukan Rempah Makassar

Mirip dengan minuman ronde di Jawa, Sarabba memiliki sentuhan unik berkat campuran rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, merica bubuk, biji pala bubuk, dan gula jawa. Hangatkan tubuh Anda dengan minuman ini, sambil menikmati khasiat telur yang dapat mengembalikan energi.

Tempat Penjualan: Jalan Sungai Cerekang, Makassar, atau Sarabba Succer Cabang BTP, Jalan Tamanlanrea Raya Blok M No. 45-46, Kota Makassar.

  • Es Pisang Ijo: Kelezatan Tepung Ketan Hijau

Es Pisang Ijo, minuman yang segar dan mengenyangkan, menawarkan paduan pisang raja dibalut dalam adonan tepung ketan berwarna hijau. Disajikan dengan sirup, es serut, dan santan, minuman ini begitu unik dan lezat. Pastikan mencicipi kelezatannya di kedai “Pisang Ijo Bravo”.

Tempat Rekomendasi: Pisang Ijo Bravo, Lokasi Tertentu di Makassar.

  • Sirup Markisa: Kesan Asam dan Segar dari Sulawesi Selatan

Sirup Markisa, diolah dari buah markisa melimpah di daerah Sulawesi Selatan, menawarkan kesegaran dengan rasa yang agak asam. Proses pasteurisasi membuatnya tahan lama tanpa pengawet, sehingga cocok sebagai oleh-oleh.

Tempat Pembelian: Jalan Tupai IV, No. 9, Kelurahan Labuang Baji, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar.

Mengunjungi Makassar bukan hanya tentang keindahan alamnya, tetapi juga merasakan nikmatnya kuliner dan minuman khasnya. Jangan lewatkan untuk mencicipi keunikan lima minuman di atas saat berada di kota ini. Setiap tegukan menjadi perjalanan kuliner yang menggugah selera dan membangkitkan imajinasi Anda akan keindahan Makassar. Selamat menikmati!

Baca juga: Festival Pesona Saronde – Mengintip Pesona Pariwisata & Budaya Gorontalo Utara

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *